Hari Kartini: Iriana Jokowi Ucapkan Terima Kasih kepada Nakes Perempuan Indonesia
Presiden Jokowi dan Iriana (Foto: BPMI Setpres/Rusman)

Bagikan:

ACEH - Iriana Joko Widodo (Jokowi), Ibu Negara, mengatakan bahwa peringatan Hari Kartini tahun ini mesti dimaknai sebagai masa kebangkitan perempuan melawan COVID-19 dan memulihkan ekonomi.

"Kita bisa segera wujudkan Indonesia Maju seperti yang kita cita-citakan bersama," ungkap Iriana Jokowi dalam Peringatan Hari Kartini Tahun 2022 di Istana Negara, Jakarta, melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, dikutip VOI, Kamis, 21 April. 

Makna Hari Kartini pada Masa Pandemi 

Dia mengatakan, perjuangan dan semangat Raden Adjeng (R.A.) Kartini telah membuat perempuan Indonesia bisa sejajar dengan laki-laki di setiap bidang kehidupan. Selain itu, perempuan Indonesia bisa turut berkontribusi terhadap pembangunan keluarga, bangsa, dan negara.

Menurut Iriana, perjuangan R.A. Kartini juga sudah menginspirasi banyak perempuan Indonesia untuk memiliki jasa dan prestasi, baik tingkat provinsi, nasional, maupun internasional.

Dalam peringatan ke-144 Hari Kartini yang masih dalam keadaan pandemi, Iriana juga menyoroti para tenaga kesehatan perempuan di Tanah Air. Usaha dari berbagai pihak, termasuk perempuan Indonesia, telah membuat pandemi di Tanah Air bisa terkendali. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh tenaga kesehatan perempuan dan kepada seluruh perempuan Indonesia yang telah berjuang mengendalikan pandemi di Tanah Air," ujarnya.

Selain itu, Iriana menyampaikan dukacita kepada perempuan-perempuan Indonesia yang gugur dalam perjuangan menjadi garda depan saat menangani pandemi COVID-19.

"Peran perempuan Indonesia sangat diharapkan untuk berkontribusi mendorong pemulihan akibat pandemi. Hal ini merupakan potensi besar guna mempercepat pemulihan dan meningkatkan perekonomian," kata Iriana.

Komitmen Pemerintah bagi Perempuan di Indonesia

Pemerintah, kata Iriana, akan terus berkomitmen memberi peluang sebesar-besarnya kepada perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan memaksimalkan segala potensinya di setiap sektor.

Dalam kesempatan itu, Iriana juga memberikan penghargaan kepada 514 perempuan penerima penghargaan yang telah berjasa dan berprestasi di bidang pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, lingkungan hidup, dan pertanian.

Menurut dia, hal itu menjadi bukti bahwa perempuan juga bisa berjasa, berprestasi, dan memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitarnya.

"Saya berharap tetap semangat yang muda, yang tua, tanpa halangan untuk berprestasi," demikian Iriana Jokowi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Peringati Hari Kartini, Iriana: Terima Kasih Nakes Perempuan yang Berjuang Kendalikan Pandemi.

Selain Hari Kartini, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.