Beberapa Penyebab Munculnya  Keraguan dalam Hubungan Asmara
Ilustrasi penyebab munculnya keraguan dalam hubungan asmara (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Keraguan dalam hati terkait hubungan asmara tidak muncul begitu saja. Salah satu hal yang bisa memicu keraguan adalah pengalaman masa lalu, padahal keraguan bisa mengikus keharmonisan hubungan. Selain itu, apa penyebab keraguan dalam hubungan asmara muncul?

Menurut beberapa ahli, ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu munculnya keraguan terhadap pasangan atau dalam hubungan asmara. Berikut VOI paparkan beberapa di antaranya.

Beberapa Penyebab Keraguan dalam Hubungan

1. Masalah sebelumnya tidak tuntas

Setiap masalah perlu diselesaikan. Ini adalah hal yang penting agar masalah tidak menumpuk dan menghantui pikiran. Menurut Carla Marie Manly, psikolog di Sonoma County, California, keraguan dan ketakutan bisa berkembang di "otak primitif".

Bagian otak tersebut secara tidak sadar dan impulsif berhubungan dengan naluri bertahan hidup. Jika masalah dibiarkan tak tuntas ditangani, akan terjadi penumpukan dan perekaman sehingga berpengaruh terhadap cara bertahan hidup.  

2. Butuh kepastian

Menurut Mitch Keil, dilansir Psych Central, merasa ragu dan takut adalah hal yang tidak apa-apa. Namun, kepatian serta komitmen dibutuhkan agar kedua hal tersebut tidak merusak hubungan.

Dengan kata lain, Anda dan pasangan perlu menguatkan komitmen untuk bisa saling menguatkan kepastian. Kepastian tidak melulu soal hubungantetapi kepastian tujuan setiap orang yang berpasangan juga perlu dikomunikasikan dan digayuh bersama.

3. Komunikasi yang tidak memadai

Apa yang kamu dan pasanganmu pikirkan atau rasakan, perlu dikomunikasikan. Kalau komunikasi tidak memadai, maka hubungan akan terganggu. Keil mengatakan, komunikasi dan saling pengertian sangat penting. Keduanya membutuhkan kesediaan untuk menghormati sejarah dan kebutuhan unik masing-masing.

4. Meragukan diri sendiri karena sering self-talk negatif

Hubungan terjalin karena aksi-reaksi dan komitmen dari kamu dan pasangan. Salah satu yang membuat keraguan muncul, karena kamu meragukan diri sendiri. Keraguan tersebut muncul dari self-talk negatif, misalnya kamu banyak memakai ‘tetapi’. Artinya, jangan sampai meragukan diri sendiri dan tetap yakin hal-hal yang belum dicapai bisa dijadikan tujuan, bukan kekurangan.

5. Tidak mengatasi masalah paling esensial dalam hubungan

Alih-alih hubungan tanpa keraguan, mengeksternalisasi masalah justru tidak menyelesaikan esensi dari masalah. Eksternalisasi masalah, misalnya sering menganggap "orang lain yang salah, saya tidak". Ini adalah tanda bahaya, kata Keil. Sikap tersebut merupakan masalah yang esensial dalam hubungan.

Lima hal di atas merupakan penyebab munculnya keraguan dalam hubungan. Kalau Anda mengalaminya, cobalah evaluasi secara personal. Kemudian komunikasikan dengan pasangan secara jujur dan terbuka.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Penyebab Munculnya Keraguan dalam Hubungan Asmara.

Selain penyebab keraguan dalam hubungan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.