Berita Aceh Terkini: BI Aceh Tekankan Penukaran Uang Gratis, Tanpa Tambahan Biaya
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

ACEH - Penukaran uang kecil terkait perayaan Idulfitri 1443 Hijriah di lembaga perbankan gratis atau tak dikenai biaya apa pun. Hal tersebut disampaikan oleh Bank Indonesia (BI) Perwakilan Aceh. 

"Untuk penukaran uang kecil di bank-bank tidak dipungut biaya, silahkan masyarakat datang ke bank," terang Kepala BI Perwakilan Aceh, Achris Sarwani, di Banda Aceh, dikutip VOI dari Antara, Selasa 19 April.

Pencari Untung di Balik Penukaran Uang

Dia tak menampik bahwa ada pihak tertentu yang mengeruk keuntungan dari keadaan semacam ini. Salah satu contoh tindakan yang bisa dilakukan terkait hal tersebut adalah menjual memberikan uang sebesar Rp90 ribu ketika ada orang ingin menukar uang Rp100 ribu. Cara lain, orang yang ingin menukar uang Rp100 ribu mesti memberikan uang sebesar Rp110 ribu. 

"Kita khawatir ada yang seperti itu, dan itu kita lawan karena tidak ada penjualan ulang, tidak ada biaya penukaran uang kalau tukar Rp100 ribu ada biaya Rp10 ribu," ujarnya.

Achris mengingatkan pegawai bank untuk tidak memanfaatkan tingginya permintaan penukaran uang pecahan kecil, terlebih kepada masyarakat awam yang belum memahami proses ini. Dia juga mengimbau masyarakat untuk langsung menukarkan uang di bank sehingga tidak ada pihak yang memanfaatkan kondisi tersebut untuk mencari keuntungan.

"Silakan datang ke bank, kami dan perbankan se-Aceh mendukung, beberapa uang yang ingin ditukarkan. Jangan gunakan jasa dan datang langsung ke bank lebih baik," demikian Achris.

Penukaran Uang di Aceh

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan hari raya Idulfitri 1443 Hijriah ini, Bank Indonesia bekerja sama dengan perbankan se-Aceh dan PT Pos Indonesia kembali memberikan layanan penukaran uang pecahan kecil kepada masyarakat Aceh sejak 4 sampai 29 April 2022.

BI dan perbankan se-Aceh berkomitmen untuk meningkatkan layanan sistem pembayaran tunai mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang di masyarakat di bulan Ramadan dan Idulfitri mendatang.

Kegiatan ini merupakan komitmen Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan uang rupiah dalam jumlah yang cukup, jenis pecahan sesuai, dan dalam kondisi layak edar.

Artikel ini telah tayang dengan judul BI Aceh Tegaskan Penukaran Uang Tidak Dipungut Biaya, tapi Tidak Memungkiri Ada Pihak yang Cari Keuntungan: Tukar Rp100.000 Harus Bayar Rp110.000.

Selain penukaran uang, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.