Rekomendasi Pola Hidup Sehat Tahun 2022
Ilustrasi (Rui Dias/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Pola hidup sehat merupakan salah satu hal yang penting dalam kehidupan. Tahun ini, hidup sehat juga menjadi target yang dimiliki oleh banyak orang. Dikutip VOI dari Healthmatters, sebuah survei di Amerika Serikat menunjukkan bahwa seperempat responden memiliki resolusi tahun 2022 hidup lebih sehat.

Pandemi COVID-19 telah membuka mata kita semakin lebar mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat. Nah, agar resolusi hidup sehat tahun 2022 lebih mudah diwujudkan, cara-cara sederhana berikut ini bisa Anda lakukan. 

Cara Penerapan Pola Hidup Sehat Tahun 2022

Olahraga teratur

Olahraga mampu membuat tubuh lebih bugar, meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan otot, serta membantu melawan penyakit. Olahraga juga bisa mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati secara keseluruhan. Cobalah berolahraga selama kurang lebih 150 menit latihan aerobik intensitas sedang setiap minggu.

“Membuat komitmen harian untuk berolahraga, peregangan, bermeditasi, atau mempraktikkan bentuk perawatan diri lainnya dapat membantu Anda merasa lebih tenang dan memungkinkan Anda untuk mengatur ulang diri sendiri,” kata Maria Biondi, pelatih kesejahteraan NYPBeHealthy di New York- Presbyterian Queens. 

Makan dengan benar

"Selain mendapatkan cukup buah, sayuran, dan biji-bijian sepanjang hari, fokuslah pada protein di pagi hari," kata Dr. Rekha B. Kumar, ahli endokrinologi di NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center dan asisten profesor kedokteran di Pengobatan Weill Cornell.

Cobalah untuk mengganti menu sarapan Anda dengan protein yang bisa menjaga gula darah. Hal ini akan membantu kinerja beberapa hormon lapar agar lebih stabil sepanjang hari. Dengan kata lain, cara ini dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan.

Kumar juga menyarankan untuk mengurangi gula, terutama dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi. Mengonsumsi gula berlebih menyebabkan kondisi yang disebut resistensi insulin. Ini merupakan prekursor diabetes tipe 2, menyebabkan hati berlemak dan penyakit kardiovaskular. Resistensi insulin juga dikaitkan dengan sirosis, neuropati, penyakit ginjal, peradangan umum, dan kanker.

Makan dengan pola yang sehat membuat kadar kolesterol darah turun, dan mengurangi risiko penyakit kronis, termasuk pembunuh utama, seperti penyakit jantung, kanker, stroke, diabetes, dan obesitas.

Salah satu diet yang mudah diikuti untuk menghindari daging merah adalah diet Mediterania. Ini adalah diet rendah karbohidrat nabati yang penuh dengan lemak sehat seperti kacang-kacangan dan biji-bijian. Gaya hidup ini terbukti secara klinis mengurangi risiko penyakit jantung. Jangan lupa, minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. 

Tidur cukup

Pandemi COVID-19 telah mengganggu pola tidur banyak orang. Beberapa di antaranya bahkan menderita coronasomnia atau covid-somnia. Sangat penting untuk menjaga jadwal tidur yang teratur dan tidur sekitar delapan jam setiap malam.

“Memiliki sistem kekebalan yang kuat dan sehat memberi kita sedikit lebih banyak penghalang untuk mengembangkan infeksi COVID, jadi penting untuk memprioritaskan tidur,” kata Dr. Daniel Barone, seorang ahli saraf dan ahli pengobatan tidur di Center for Sleep Medicine di NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center dan profesor neurologi di Weill Cornell Medicine.

Dia juga menyarankan untuk menetapkan waktu tidur dan bangun yang teratur, menghindari kafein di kemudian hari, mematikan elektronik sebelum tidur, membatasi menggunakan media sosial, berolahraga secara teratur, menghindari tidur siang, mengurangi alkohol, dan memperhatikan kemungkinan tanda-tanda sleep apnea.