Manfaat Zink untuk Kulit dan Cara Mendapatkannya
Ilustrasi Zinc (Trang Doan/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Zinc memainkan peran penting dalam memerangi dan mengendalikan peradangan. Selain itu, ada manfaat zinc untuk kulit, seperti perbaikan luka, sintesis kolagen, serta perlindungan dari UV. Tubuh tidak memproduksi zinc sendiri sehingga butuh konsumsi makanan dan suplemen tambahan dengan kandungan zinc

"Oksida zinc melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV," kata Alexis Stephens, konsultan dermatologis untuk Urban Skin Rx, dikutip VOI dari Health. Zinc terkenal karena perannya dalam produk tabir surya dan pelembab bibir.

Zinc menciptakan penghalau yang menghalangi matahari dan membelokkan sinarnya. Dengan demikian, sinar matahari tercegah menembus permukaan kulit.

Karena efek anti-peradangannya, zinc juga sangat baik digunakan secara topikal dan oral bagi pemilik kulit berjerawat dan bagi yang ingin menghindari penuaan kulit. Para ahli dermatologi membanggakan zinc karena kemampuannya dalam mengurangi noda hitam dan menghilangkan kemerahan pada wajah.

Selain itu, zinc mampu mempertahankan jumlah kolagen dalam tubuh sehingga memperlambat timbulnya garis halus dan kerutan di wajah. Tak heran jika kandungan ini baik untuk kecantikan.

Manfaat Zinc untuk Kulit dan Cara Mendapatkannya

Diet kaya seng 

Tricia Pingel, NMD, dokter naturopati di Arizona merekomendasikan untuk fokus pada sumber nabati, seperti asparagus, buncis, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Penggunaan tabir surya tinggi SPF

Anda juga bisa mendapat manfaat zinc dari penggunaan tabir surya. Selain melindungi kulit dari sinar matahari, tabir surya juga dikenal bagus dalam menghilangkan noda hitam dan garis halus di kulit.

Perawatan jerawat

Pingel mengutip tinjauan studi tahun 2014 yang menemukan bahwa produk zinc topikal efektif dalam mengobati jerawat ringan hingga sedang, sedangkan zinc sulfat dan glukonat oral berguna dalam mengobati jerawat sedang hingga parah.

Serum dan krim anti penuaan

Zinc sangat penting untuk membangun kolagen, protein yang membantu menjaga kulit Anda tetap kencang dan terlihat muda.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bisa Mencerahkan, Begini Cara Kerja dan Manfaat Zinc bagi Kecantikan Kulit.