Terendam Banjir di Aceh Tamiang, Warga Dievakuasi Tim SAR
FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

ACEH - Pada Minggu, 2 Januari, Tim SAR melakukan evakuasi terhadap warga korban banjir di Aceh Tamiang. Banjir disebabkan oleh meluapnya air sungai menyusul hujan lebat yang terjadi di beberapa kampung di wilayah hulu Kabupaten Aceh Tamiang. 

Ketua Satuan Tugas SAR Aceh Tamiang, Khairul, mengungkapkan bahwa evakuasi dilakukan di dua desa, yaitu Kampung Pengidam dan Kampung Pekan Babo, Kecamatan Bandar Pusaka.

"Air sudah mulai naik sejak Ahad dini hari. Personel SAR mengevakuasi warga menggunakan perahu karet. Evakuasi melibatkan enam personel serta menunggu petugas lain turun ke lokasi," terang Khairul dikutip VOI dari Antara, Minggu, 2 Januari 2022.

Luapan Sungai Sebabkan Banjir di Aceh Tamiang

Dia mengatakan, banjir terjadi karena sungai Simpang Jernih di Aceh Timur yang berbatasan dengan Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang, mengalami peluapan.

Evakuasi dilakukan terhadap warga yang rumahnya terendam banjir sekitar 50 hingga 80 centimeter. Banjir tak hanya merendam rumah, tetapi juga jalan antarkampung. 

Kampung Pengidam Banjir Parah

Camat Bandar Pusaka, Cakra Agie, mengatakan pihaknya masih mendata warga korban banjir serta kampung atau desa mana saja yang direndam banjir akibat hujan lebat tersebut.

"Sejauh ini, desa yang terdampak banjir parah adalah Kampung Pengidam. Banjir juga menggenangi ruas jalan meliputi beberapa perkampungan hingga ke Pekan Babo, ibu kota kecamatan," kata Cakra Agie.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tim SAR Evakuasi Warga Korban Banjir di Aceh Tamiang.

Selain banjir di Aceh Tamiang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh