Ragam Mineral yang Dibutuhkan Anak untuk Tumbuh Kembangnya
Makanan Mengandung Mineral (Taryn Elliot/Pexels)

Bagikan:

ACEH – Ada berbagai mineral yang dibutuhkan anak pada masa pertumbuhannya. Selain makronutrien, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak, anak-anak butuh beragam mineral untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya.

Mineral berfungsi untuk membentuk dan menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh, seperti hati, jantung, dan bagian tubuh yang lain, seperti tulang dan gigi. Sebagai orang tua, Anda harus memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi anak memenuhi lima mineral penting berikut.

Berbagai Mineral yang Dibutuhkan Anak

  1. Kalsium

Kalsium sangat penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga berfungsi untuk mengontrol kontraksi otot, membantu jantung melakukan pergerakan dengan baik, dan memperbaiki kinerja saraf. Anak usia 1—3 tahun idealnya butuh konsumsi kalsium sebanyak 650 mg per hari.

Anda bisa mendapatkan mineral ini dari berbagai bahan makanan, antara lain susu, keju, yogurt, tahu, dan tempe. Banyak yang mengira bahwa kalsium hanya bisa didapat dari olahan susu dan kacang-kacangan saja, padahal ada beberapa sayur yang tinggi kalsium, misalnya brokoli.

  1. Zat Besi

Mineral ini memiliki peran untuk membentuk sel darah merah. Selain itu, zat besi juga mengontrol cadangan oksigen pada otot sehingga mampu bekerja dengan baik. Zat besi juga bisa meningkatkan ingatan dan kecerdasan anak.

  1. Magnesium

Mineral ini berfungsi untuk memperlancar metabolisme anak, sebagai sumber energi, dan menjaga keseimbangan sistem saraf. Anak-anak usia 1-3 tahun membutuhkan kurang lebih 80 mg magnesium per hari.

Anda bisa mendapatkan magnesium dari kacang-kacangan atau biji-bijian dan sayuran hijau gelap. Anda bisa memilih bayam, kacang almond, kacang merah, atau roti gandum.

  1. Potasium

Potasium dapat membantu memelihara kesehatan tulang serta menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh sehingga anak-anak tidak mengalami dehidrasi. Anak-anak usia 1—3 tahun butuh 3000 mg potasium per hari.

Potasium bisa ditemukan pada buah-buahan, seperti pisang, alpukat, apel, semangka, kacang-kacangan, kentang, ikan, daging, dan sayuran hijau.

  1. Zinc

Mineral ini hanya sedikit dibutuhkan oleh tubuh, namun sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati Anda. Zinc memiliki fungsi untuk membentuk hampir 300 jenis enzim dalam tubuh yang berperan untuk mengontrol karbohidrat, protein dan lemak, serta gizi mikro lainnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Mineral yang Wajib Dikonsumsi Anak di Masa Pertumbuhan.

Selain mineral yang dibutuhkan anak, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!