Peringati Hari Pahlawan, Joko Widodo Pimpin Upacara dengan Protokol Kesehatan
Presiden Joko WIdodo (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

ACEH – Peringati Hari Pahlawan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara. Upacara peringatan tersebut digelar di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Selasa, 10 November sekitar pukul 08.00 WIB.

Melalui tayangan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Wakil Presiden Ma'ruf Amin tampak mendampingi Jokowi. Presiden mengenakan jas berwarna biru tua, peci hitam, dan masker, sementara Ma'ruf mengenakan jas berwarna abu-abu, peci hitam, dan menggunakan masker hitam.

Seluruh peserta upacara mematuhi protokol kesehatan ketat, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak. Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan penghormatan terhadap para pahlawan yang telah gugur dan dimakamkan di TMP Kalibata.

Prosesi Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Usai penghormatan, sirine dibunyikan cukup lama. Hal tersebut untuk mengenang peristiwa 10 November di Surabaya yang kemudian diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Selanjutnya, Presiden Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta yang diiringi alunan musik. "Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jokowi.

Sebelum acara berakhir, Jokowi meletakkan karangan bunga yang dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

"Wahai Tuhan yang mengajarkan kesetiaan. Wahai Tuhan yang menghias pribadi-pribadi mulia dengan kesabaran. Wahai Tuhan yang memerintahkan manusia untuk bersyukur sesama manusia, sebagaimana Engkau memerintahkan kami untuk memuja-Mu dan mencipta alam raya. Tegur kami dengan kelembutan rahmat-Mu jika kami tak pandai bersyukur atas anugerah bernama Indonesia Merdeka," kata Yaqut dalam doanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Jokowi Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata.

Selain peringatan Hari Pahlawan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!