Catat! Beberapa Tanda "Smartphone" Terserang Virus
Ciri-ciri HP terserang virus (Lifewire)

Bagikan:

ACEH – Bersama terus berkembangnya teknologi, semakin beragam pula cara dan target dari serangan siber. Saat ini, salah satu sasarannya adalah smartphone.

Contoh terkini dari serangan siber adalah serangan DoS yang dialami oleh situs VOI beberapa hari lalu. Dalam serangan tersebut, website VOI tak bisa diakses selama beberapa jam.

Agar serangan siber terhadap smartphone bisa segera diatasi, pahami tanda-tanda berikut ini.

Beberapa Tanda Smartphone Terserang Virus

1.    Kuota Internet Cepat Habis

Apakah Anda kerap merasa kuota internet cepat habis, padahal jarang digunakan untuk mengakses file atau aplikasi yang menguras data? Waspadalah. Bisa jadi ada virus atau malware yang terpasang pada perangkat Anda.

Virus atau malware bisa meretas sistem, kemudian mengirimkan data pribadi ponsel Anda ke server yang telah disiapkan oleh peretas. Proses pengiriman tersebut memanfaatkan data internet yang tersedia.

Dalam beberapa kasus, Anda akan menemukan keberadaan aplikasi yang tidak dikenal. Biasanya, aplikasi ini yang membuat memori internal jadi penuh.

2.    Sering Muncul Iklan Pop-up

Biasanya, kita akan melihat menu pop-up saat memberikan pemberitahuan, baik pesan masuk maupaun pemberitahuan dari aplikasi tertentu. Namun, saat smartphone terserang virus, pop-up akan terus-menerus muncul dan mengganggu.

Biasanya, jenis iklan tersebut bakal muncul saat Anda mengakses website yang tidak resmi, contohnya situs yang menyediakan film atau manga bajakan.

Jika sampai Anda mengklik iklan pop-up tersebut, maka ada kemungkinan bahwa virus bisa mengakses perangkat milik Anda. Maka, mulai pertimbangkan jika Anda ingin mengakses website ilegal.

Meskipun data yang ditawarkan bisa diakses secara gratis, tentu Anda tidak ingin data pribadi menyebar, bukan?

Memang, kini sudah tersedia banyak pilihan aplikasi antivirus. Tapi jangan sampai Anda terlalu mengandalkan layanan aplikasi tersebut. Tanpa mengubah kebiasaan dalam berseluncur di dunia maya, virus akan mudah menemukan celah untuk menyerang perangkat Anda.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Wajib Tahu, Begini Ciri-Ciri Ponsel Kena Serangan Virus. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!