Tak Punya DSLR? Ada Cara Membuat Video Slow Motion dengan Ponsel Tanpa Aplikasi Tambahan
Ilustrasi Merekam Video Slow Motion Menggunakan Smartphone (Pixabay)

Bagikan:

ACEH - Salh satu tren dalam pembuatan konten adalah video slow motion. Teknik ini kerap digunakan oleh kreator YouTube, TikTok, dan Instagram agar bisa lebih menarik. Jika peralatan terbatas, orang tetap bisa melakukan ini karena ada cara membuat video slow motion dengan ponsel. 

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa video slow motion dibuat dengan keahlian khusus serta perangkat yang canggih. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

Saat ini sudah ada banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera bagus. Ini membuat memungkinkan banyak orang untuk bisa membuat video slow motion bagus yang tak kalah dari kamera DSLR.

Salah satu syarat dari video slow motion bagu adalah smartphone dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Saat ini cukup banyak kamera smartphone yang dilengkapi fitur yang memungkinkan pengambilan video dengan gerakan lambat.

Namun, hasilnya tetap tergantung pada kualitas kamera yang ada di perangkat tersebut. Saat ini, ada banyak smartphone yang memiliki mode slow motion hingga 960fps.

Oleh karena itu, pengguna bisa membuat video slow motion dengan kualitas yang bagus menggunakan ponsel. Caranya pun cukup mudah, dan Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Tutorial Membuat Video Slow Motion dengan Ponsel

Langkah pertama tutorial pembuatan video slow motion adalah membuka aplikasi kamera di perangkat Anda, kemudian klik menu "Lainnya" atau "More" di halaman utama kamera. Pilih opsi "Super Slow-Mo" dan "Slow Motion" untuk membuat video slow motion.

Pada mode "Slow Motion", Anda bisa membuat video lambat dengan kecepatan frame 240fps. Sementara, mode "Super Slow-Mo" bisa merekam dengan kecepatan hingga 960fps atau sangat lambat.

Sayangnya, tidak semua perangkat smartphone didukung untuk menggunakan mode "Super Slow-Mo". Hanya sejumlah perangkat dengan spesifikasi yang tinggi saja yang bisa menggunakan mode tersebut.

Setelah memilih mode slow motion yang Anda inginkan, pengguna dapat menekan tombol "Rekam" berupa ikon bulat berwarna merah, kemudian klik tombol yang sama ketika Anda ingin berhenti merekam.

Mengedit Video Slow Motion

Anda dapat memilih "Pratinjau" untuk melihat hasil video yang Anda rekam, kemudian klik ikon "Pensil" yang ada di bagian bawah, untuk mengedit video tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Pengguna dapat mengatur video sesuai dengan keinginan Anda. Setelah selesai, Anda bisa menyimpan video tersebut dengan klik tombol simpan atau "Save". Dengan demikian, video slow motion yang Anda buat akan tersimpan di ruang penyimpanan.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat video slow motion menggunakan kamera smartphone. Pengguna tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan untuk bisa menghasilkan konten yang bagus.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Merekam Video Slow Motion Menggunakan Ponsel Tanpa Aplikasi Tambahan.

Selain cara merekam video slow motion dengan ponsel, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh