Jangan Malas Bersihkan Wajah! Inilah Akibat Tidur Memakai "Make Up"
Ilustrasi orang tidur dengan riasan (Pexels)

Bagikan:

ACEH -  Ketika badan sudah lelah karena aktivitas seharian, kadang wanita malas untuk membersihkan riasan atau make up sebelum tidur. Padahal, hal ini bisa memberikan efek yang buruk.

Dilansir The Healthy, seorang dokter kulit menjelaskan bahwa tidur dengan kulit masih memakai riasan bisa merusak kulit dan kesehatan mata. Hal pertama dan mudah terlihat setelah tidur tanpa membersihkan make up adalah munculnya jerawat dan iritasi kulit. Lebih jauh, penuaan dini.

Samer Jaber, asisten profesor klinis di Rumah Sakit Mt. Sinai dan dokter kulit bersertifikat di Washington Square Dermatology, menjelaskan bahwa tidur dengan sisa make up di wajah bisa berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah. Lebih jauh, kecantikan Anda pun tidak terpancar secara penuh karena kondisi kulit wajah yang kurang sehat.

"Tidur dengan riasan sangat buruk karena pori-pori Anda akan tersumbat. Secara signifikan dapat meningkatkan jerawat, kulit kering, dan iritasi," ungkap Jaber.

Waktu Tidur dan Kondisi Kulit

Tidur merupakan waktu bagi kulit untuk pulih dari berbagai stres di siang hari. Waktu tidur juga digunakan oleh kulit untuk melepaskan dan meregenerasi selnya.

Ketika tidur masih dengan riasan, Anda menghalangi proses pengelupasan dan regenerasi alami kulit.

Terlebih lagi, riasan sebenarnya melekat dengan radikal bebas di lingkungan (seringkali dari polusi). Radikal bebas diketahui memecah kolagen, yang seiring waktu menghasilkan garis-garis halus dan penuaan dini.

Jadi, dengan tidak membersihkan riasan sebelum tidur memberi peluang lebih besar untuk merusak kulit. Selain itu, tidur dengan riasan juga mampu merusak area paling sensitif di wajah, yaitu mata.

Tertidur dengan masih menggunakan riasan mata membuat mata berisiko mengalami radang mata, infeksi, kelopak mata kemerahan, bahkan lecet kornea. Kondisi tersebut bisa berasal dari partikel riasan yang bergesekan dengan permukaan mata.

Riasan mata, seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow perlu dibersihkan sebelum tidur karena area mata sangat halus.

Dr. Jaber dengan tegas menganjurkan agar para wanita membersihkan wajahnya di malam hari sebelum tidur. Ini akan membantu memastikan semua riasan telah terhapus dari kulit.

"Cara mencuci dan membersihkan wajah tergantung pada masing-masing jenis kulit. Untuk mereka yang memiliki kulit lebih berminyak, sabun dan tisu berbusa mungkin lebih efektif," katanya. 

"Bagi mereka yang memiliki kulit sensitif, pembersih lembut yang tidak berbusa mungkin lebih baik."

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Kenali Bahaya Tidur dengan Sisa Makeup di Wajah. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!