Kenapa Anak Alergi terhadap Makanan dengan Mudah?
Ilustrasi anak-anak (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Orang tua yang punya anak mudah alergi terhadap makanan mungkin akan bertanya, kenapa anak alergi dengan mudahnya? Para peneliti menjelaskan bahwa anak yang alergi makanan tertentu ketika kecil bisa mengurangi risiko alergi terhadap makanan di masa depan. 

Akan tetapi, mereka belum mampu menjelaskan sebab anak-anak bisa mengatasi alergi tersebut atau alasan anak-anak rentan alergi ketika belum pernah mengalaminya.

Dilansir Herstory, penelitian dari La Jolla Institute for Allergy and Immunology mencoba mengungkap misteri itu dengan uji coba terhadap tikus menggunakan antigen.

Hasil Uji Coba Terkait Pertanyaan Kenapa Anak Alergi terhadap Makanan?

Antigen memiliki fungsi untuk menginformasikan tubuh ketika zat asing, termasuk makanan, memasuki tubuh. Jika terdapat zat yang dianggap tidak akrab dengan tubuh, sistem kekebalan tubuh akan meresponnya sebagai bahaya sehingga akan mencoba melawannya. Ini berlaku juga dalam kesehatan secara umum.

Dalam percobaan yang dilakukan, tikus dibesarkan di lingkungan yang bebas kuman. Tikus tersebut hanya diberi asupan asam amino supaya bebas antigen. Tanpa adanya antigen dalam tubuh, tikus jadi mirip dengan bayi yang belum bersentuhan dengan makanan.

Tikus yang bebas antigen dipilih berdasarkan anggapan bahwa sistem kekebalan tubuh akan belajar menoleransi makanan dari waktu ke waktu yang awalnya dianggap sebagai bahaya bagi tubuh.

Para peneliti kemudian mengidentifikasi bahwa makanan dan bakteri baik menghasilkan jenis sel T regulator (Tregs) yang unik sebab tikus yang bebas kuman hanya memperoleh makanan dari Tregs.

Tikus bebas kuman sangat rentan terhadap alergi sehingga para peneliti berasumsi, hadirnya makanan dan mikroba diinduksi dari Tregs diperlukan untuk mencegah alergi terhadap makanan.

Para peneliti kemudian membuat kesimpulan, toleransi makanan diperoleh serta melibatkan populasi spesifik Tregs berkembang mengikuti makanannya.

Secara keseluruhan, penelitian terhadap tikus itu menunjukkan bahwa anak-anak lebih rentan alergi terhadap makanan karena anak-anak hanya mengonsumsi jenis makanan tertentu dalam jumlah yang lebih sedikit. Saat anak-anak mengonsumsi lebih banyak, tubuh akan terbiasa dengan antigen tersebut sehingga reaksi alergi bisa dihindari.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Mengapa Si Kecil Mudah Alergi pada Makanan? Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait