7 Tips Mengatasi Perut Kembung secara Sederhana
Ilustrasi perut sehat (unsplash)

Bagikan:

ACEH - Perut kembung disebabkan produksi gas dalam organ pencernaan terlampau berlebih. Gejala yang dialami tentu tidak membuat nyaman bahkan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara mengatasi perut kembung adalah pengetahuan yang penting untuk diketahui.

Acap kali ketika merasakannya langsung menenggak obat penghilang kembung. Padahal ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan.

Cara Mengatasi Perut Kembung secara Sederhana

1.    Mengunyah makanan sampai halus

Risiko dari makan tergesa-gesa seringkali bikin masalah pada perut. Dilansir Healthline, cara makan yang tidak tepat membuat gas ikut masuk dalam perut. Khususnya, ketika makan tergesa dan tidak mengunyah makanan sampai halus.

Cobalah untuk makan perlahan, nikmati setiap suapan, dan kunyah hingga halus. Ditambah lagi, usahakan minum saat akhir suapan. Sebab minum ditengah makan dapat membuat perut kembung semakin parah.

2.    Kurangi jumlah makanan penghasil gas

Sejumlah makanan dapat meningkatkan produksi gas dalam perut. Makanan tersebut antara lain kacang-kacangan, brokoli, bawang, kubis, bunga kol, gandum, kismis, dan pisang.

Meskipun makanan ini adalah hidangan utama diet, tetapi pertimbangkan porsi dan kondisi perut Anda sebelum mengonsumsinya banyak-banyak.

3.    Hindari makanan tinggi lemak

Makanan berlemak dan karbohidrat kompleks membutuhkan proses cerna dalam waktu yang lama. Dua jenis makanan ini dapat memicu peningkatan produksi gas di usus dan perut.

Artinya untuk mengatasi perut kembung, hindari makanan tinggi lemak. Selain itu, makanan tinggi lemak kurang baik untuk kesehatan.

4.    Jangan berbicara ketika makan

Selain dapat tersedak, makan ketika bicara dapat mendorong udara masuk ke dalam perut. Efeknya perut terasa kembung setelah makan. Baiknya, tunda dulu berucap untuk menghindari perut terasa tak enak sesudah kenyang.

5.    Melakukan gerakan ringan setelah makan

Seperti berjalan atau berolahraga ringan setelah makan dapat mengurangi jumlah gas yang terjebak dalam perut. Cara atasi perut kembung yang satu ini juga mampu memperlancar sistem metabolisme tubuh.

6.    Kompres air hangat

Tips selanjutnya adalah kompres air hangat. Dengan mengompres perut dengan air hangat ketika terasa kembung, membuat otot cerna lebih rileks dan mengurangi rasa bergejolak di perut. Cara ini dapat dilakukan di rumah tanpa minum obat pereda kembung.

7.    Olesi dengan bawang merah tumbuk

Bawang merah akan mengeluarkan rasa hangat ketika dibalurkan ke perut. Anda dapat mengatasi perut kembung karena kebanyakan produksi gas dengan cara ini. Tumbuk beberapa siung bawang merah dan campurkan sedikit minyak kayu putih agar mudah meresap.

Perut kembung yang disebabkan gas, dapat diatasi selain dengan tujuh cara di atas. Seperti dengan mengurangi merokok serta minum minuman prebiotik untuk memudahkan alat cerna bekerja lebih efektif tanpa peningkatan produksi gas. 

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Tak Perlu Minum Obat, Ketahui 7 Cara Alami Atasi Perut Kembung. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!