Manfaat Buah Zuriat atau Palem Afrika bagi Kesehatan
Buah zuriat (wikimedia)

Bagikan:

ACEH – Bagi sebagian orang, nama buah ini mungkin masih asing, tetapi manfaat buah suriat sangatlah banyak. Buah ini merupakan buah yang tumbuh subur di Arab Saudi serta negara-negara timur tengah lain, seperti Mesir dan Sudan.

Buah zuriat dikenal juga dengan nama palem Afrika. Habitat aslinya ada di sekitar hulu sungai Nil, Mesir. Bentuk buah zuriat bulat, sekitar 6 x 5 cm. Warnanya kuning hingga cokelat.

Ragam manfaat buah zuriat untuk kesehatan

1. Mencegah bayi lahir dengan cacat bawaan

Salah satu kandungan yang banyak ditemukan pada buah ini adalah vitamin B, termasuk vitamin B9 atau folat. Folat adalah nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah bayi dikandungannya lahir dengan cacat bawaan.

2. Meningkatkan kesuburan

Buah ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan, baik pria maupun perempuan. Sebenarnya, belum ada penelitian khusus yang membahas hal tersebut, tetapi salah satu cara untuk meningkatkan kesuburan adalah dengan mengonsumsi makanan kaya zat antioksidan.

Nah, salah satu kandungan tertinggi dalam ekstrak buah zuriat adalah antioksidan yang mampu meminimalkan efek buruk radikal bebas yang bisa menyebabkan stres oksidatif.

3. Mencegah katarak dan meredakan migrain

Vitamin B lain yang banyak ditemukan pada buah ini adalah vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin ini punya manfaatnya untu menurunkan risiko terkena penyakit katarak. Selain itu, riboflavin dapat mengurangi rasa sakit ketika migrain atau sakit kepala sebelah.

4. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat kesehatan  yang lain dari kandungan antioksidan dalam buah ini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sekaligus meningkatkan kolesterol baik.

5. Menjaga kesehatan jantung

Terkait dengan normalnya kadar kolesterol, lemak pun tidak menempel pada dinding arteri (pembuluh darah) jantung. Ini mambuat jantung tetap sehat dan bisa bekerja secara optimal. Dengan begitu, Anda tidak rentan terkena penyakit jantung koroner dan stroke.

Selain manfaat buah zuriat, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!