6 Cara Mencegah Rambut Rusak Akibat Hair Styling
Mengatasi Rambut Rusak Akibat Styling (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Ada langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mendapatkan rambut indah yang sehat, terlabih lagi jika rambut Anda sering mendapatkan perlakukan hair styling, seperti pewarnaan dan pencatokan. Kadang, rambut yang mendapatkan berbagai perlakuan seperti ini menjadi mudah rusak. Cara mencegah rambut rusak tentu dibutuhkan.

Rambut yang sering mendapatkan perlakuan hair styling kadang mengalami kerontokan, rambut patah, sering, dan susah diatur. Dikutip VOI dari Healthline, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut meski menjalani hair styling

Cara Mengatasi Rambut Rusak Akibat Hair Styling

Gunakan Produk Pelindung Panas

Sebelum rambut dicatok atau dikeringkan dengan hair dryer, sebaiknya Anda menggunakan produk pelindung panas. Saat ini ada banyak produk yang dijual di pasaran yang bisa digunakan untuk melindungi rambut dari panasnya proses hair styling.

Gunakan Masker dan Vitamin Rambut

Usahakan untuk selalu mengaplikasikan vitamin rambut sebelum Anda memulai proses styling seperti pencatokan atau penggunaan hair dryer. Penggunaan vitamin rambut dan masker secara teratur dapat melemaskan dan melembutkan rambut yang kering dan kasar.

Tentukan Suhu Tepat

Sangat penting untuk menentukan suhu hair dryer dan catokan yang tepat di rambut Anda. Suhu yang terlalu panas dapat membuat rambut mengalami kerusakan seperti rontok, pecah, dan patah-patah. Usahakan Anda selalu menggunakan suhu terbaik untuk catokan dan hairdryer, yaitu sekitar 185 derajat C.

Gunakan Sampo dan Kondisioner Khusus

Jika kamu termasuk orang yang selalu mencatok dan hair dryer rambut, Anda memerlukan sampo dan conditioner khusus. Anda bisa memilih sampo yang baik untuk menutrisi dan memperbaiki rambut rusak, seperti seperti seng, magnesium, vitamin, dan protein lainnya.

Gunakan Olive Oil

Olive oil sangat populer dalam perawatan rambut. Minyak ini telah terbukti dapat membantu menghidrasi rambut dan menghaluskan kutikula. Selain itu, tips ini juga melembutkan rambut dan mengembalikan kelembapan yang sangat dibutuhkan. Perawatan rambut menggunakan olive oil pun tergolong murah. Anda bisa menghemat biaya dalam perawatan rambut.

Bilas dengan Air Beras

Meski jarang di dengar, penelitian menunjukkan bahwa air beras mampu membantu memperbaiki kerusakan rambut Anda. Inositol, bahan yang ditemukan dalam air beras, terbukti menembus rambut rusak dan memperbaiki rambut dari dalam ke luar.