4 Alasan Anak Takut Sekolah, Orang Tua Perlu Tahu
Ilustrasi (Max Fischer/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Saat ini sekolah dilakukan dengan tatap muka, tidak lagi dengan gawai, seperti laptop dan ponsel. Sebagian besar anak menyambut ini dengan hati yang riang, sebagian lagi merasa kurang semangat. Namun, ada pula yang merasa takut. Tak hanya karena terbiasa sekolah secara daring, beberapa anak memang takut sekolah dan bertemu dengan lingkungan sosial. Lalu, apa alasan anak takut sekolah? 

Dikutip VOI dari Parenting, setidaknya ada empat alasan umum yang menjadi penyebab si kecil enggan berangkat sekolah, bukan karena malas. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa ulasan berikut ini. 

Beberapa Alasan Anak Takut Sekolah

Kecemasan Berpisah

Umumnya, masalah ini terjadi pada anak-anak yang masih kecil, misalnya saja balita yang baru masuk preschool atau TK. Gangguan ini merupakan kecemasan berlebihan tentang perpisahan dengan orang tua saat harus pergi sekolah. Kecemasan tersebut meliputi ketakutan yang amat besar akan bahaya dan termasuk kematian yang bisa menimpa orang tua ketika berpisah.

Kecemasan Sosial 

Anak-anak dengan kecemasan sosial cenderung memiliki kekhawatiran terhadap pandangan dan penilaian teman sekolah atau gurunya. Beberapa ketakutan yang mereka miliki antara lain adalah tampil di depan umum, dihakimi, dan berinteraksi dengan anak lain.

Kecemasan terhadap Situasi Baru

Anak-anak dengan keluhan kecemasan umum memiliki kekhawatiran terhadap sejumlah peristiwa atau kegiatan misalnya bagaimana bila ia haus, bagaimana bila ia kebelet untuk buang air, bagaimana bila ia tidak sengaja terjatuh, dan lainnya. Pada akhirnya, kecemasan tersebut menyebabkan tekanan sosial, kinerja akademis, dan lainnya.

Pernah Mengalami Perundungan

Perundungan bisa menyebabkan anak trauma untuk bertemu dengan anak baru. Ia khawatir akan mengalami pengalaman yang sama. Untuk itu, agar tidak terjadi kejadian kurang menyenangkan yang kedua kali, si kecil memilih untuk menjauh dari sekolah.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mengapa Si Kecil Takut Sekolah? Ternyata, Ada 4 Alasannya.

Selain alasan anak takut sekolah, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.