Cara Membuat Anak Mau Mandi Tanpa Teriak-Teriak
Ilustrasi (Cottonbro/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Masalah yang umum dialami oleh orang tua adalah membuat anak mau mandi. Anak-anak suka main air adalah hal yang lumrah, tetapi uniknya mereka tidak mau ketika diminta untuk mandi. Cara membuat anak mau mandi harus dikuasai oleh para orang tua agar si kecil menyukai mandi layaknya bermain air.

Saat anak menyukai mandi tanpa paksaan, aktivitas itu akan menjadi kebiasaan bagi si kecil. Tubuh anak akan bersih, kesehatannya terjaga, dan orang tua tak perlu lagi banyak omong untuk menyuruh mandi, apalagi teriak-teriak. Lalu, bagaimana cara membuat anak mau mandi tanpa teriak-teriak? Cobalah beberapa tips yang telah dikumpulkan tim VOI berikut ini. 

BACA JUGA:


Beberapa Cara Membuat Anak Mau Mandi Tanpa Paksaan

Mandi sambil bermain

Dikutip dari Moms.com, tips agar mandi menjadi aktivitas menyenangkan adalah mengikutsertakan hal-hal favorit anak dalam kegiatan tersebut. Salah satu contohnya adalah menawarkan mainan kesukaan si kecil.

Iming-iming seperti ini akan membuat anak tertarik untuk mandi. Agar tips ini berhasil, jauhkan benda-benda favorit anak tersebut sebelum waktu mandi agar anak lebih tertarik saat mainan tersebut ditawarkan untuk iming-iming mandi. 

Pilih perangkat mandi yang sesuai

Sabun mandi dewasa bisa mengakibatkan rasa sakit jika terpercik ke dalam mata dan hidung. Pengalaman buruk itu bisa membuat anak menghindari acara mandi. Untuk itu, gunakan produk mandi seperti sabun dan sampo, sesuai usia anak. Produk yang tak pedih di mata dan mengandung pelembap adalah pilihan ideal untuk memelihara kulit balita.

Beri waktu bersiap-siap

Sementara itu, laman Parenting menyebutkan salah satu hal yang bisa membuat anak-anak enggan mandi Adalah tidak mau waktu bermainnya terganggu. Biasakan memberi waktu bagi anak untuk bersiap-siap sebelum menyuruhnya mandi.

Anda bisa mengajaknya mandi sekitar 5 menit sebelum acara mandi itu dimulai. Dengan begitu, anak punya kesempatan untuk menyelesaikan permainannya dulu sebelum beranjak ke kamar mandi. Orang tua yang pengertian terhadap anak akan membuat anak juga menjadi lebih nyaman karena tidak merasa disuruh secara semena-mena.

Beri kontrol 

Jika anak Anda sudah cukup besar, biarkan mereka memiliki kendali atas waktu mandi. Artinya, biarkan mereka memilih waktu untuk mandi, menuangkan sampo, dan mencuci rambut mereka sendiri. Begitu juga dengan mengatur air, dan memilih sabun yang mereka inginkan.

Membiarkan mereka membuat keputusan sederhana ini dapat memberi mereka lebih banyak kendali atas waktu mandi, yang dapat mengurangi keengganan anak untuk mandi.

Gayung vs pancuran

Jika biasanya Anda memandikan anak dengan menggunakan bak mandi dan gayung, cobalah sesekali menyelinginya dengan shower. Lakukan sebaliknya jika Anda terbiasa memandikan anak dengan air pancuran. Sesekali, tak ada salahnya mengizinkan anak mandi dengan menggunakan selang air di kebun belakang. Berbagai variasi cara ini terkadang bisa menjadi cara jitu untuk menghilangkan rasa bosan dan membuat si kecil tertarik untuk mandi.

Terkait