Keutamaan Puasa Zulhijah Berserta Niat-Niatnya
Ilustrasi puasa dzulhijjah (Unsplash/Abdullah Arif)

Bagikan:

ACEH - Salah satu puasa sunah yang bisa Anda lakukan di bulan Zulhijah adalah puasa Zulhijah. Puasa ini dilaksanakan sejak sembilan hari sebelum Iduladha (10 Zulhijah), yaitu tanggal 1 Zulhijah. Dalam sembilan hari ini, Anda bisa melakukan tiga jenis puasa, yaitu puasa bulan Zulhijah, puasa Tarwiyah, dan puasa Arafah. Terdapat keutaman puasa Zulhijah.

Dikutip VOI dari sumber terpecaya, berikut ini beberapa keuataman dari puasa yang dilakukan pada bulan Zulhijah sebelum datangnya Iduladha. Selain itu, terdapat pula niat puasa yang bisa Anda hafalkan. Untuk diketahui, tahun ini tanggal 1 Zulhijah bertepatan dengan 1 Juli. Jadi, Anda bisa menyesuaikan diri akan melaksanakan puasa yang mana.

Keutamaan Puasa Zulhijah

Menjalankan puasa sunah pada bulan Zulhijah punya beberapa keutamaan dibandingkan bulan lainnya. Meskipun setiap puasa memiliki keutamannya masing-masing, begini ketiga keutamaan puasa pada bulan asyhur al-hurum atau bulan yang dimuliakan.

1. Pahala dilipatgandakan

Pahala yang berlipatganda didapatkan ketika menjalankan Puasa Zulhijah. Menurut sabda Rasullullah saw. dalam dalam hadis HR At-Tarmidzi, sehari berpuasa Zulhijah akan mendapatkan pahala setara berpuasa setahun.

Sabda Rasulullah saw.:

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبَّ إِلَى اللّٰهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيْهَا مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

Artinya: ”Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Zulhijah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar.” (HR At-Tarmidzi)

2. Dosa dihapuskan

Puasa pada bulan Zulhijah, termasuk puasa Arafah, dihapuskan dosa selama dua tahun. Keutamaan ini tertulis dalam hadis HR Muslim yang begini isinya:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُوْرَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِيْ قَبْلَهُ

Artinya: “Puasa Arafah (9 Zulhijah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR Muslim)

3. Hari dibebaskan dari siksa neraka

Keutamaan ketiga dari hari Arafah, apabila berpuasa pada hari yang dimuliakan, Allah Swt. akan membebaskan hamba-Nya dari siksa neraka. Sabda Rasulullah saw. dalam hadis HR Muslim:

مَا مِنْ يَوْمٍ أَكْثَرَ مِنْ أَنْ يُعْتِقَ اللَّهُ فِيهِ عَبْدًا مِنَ النَّارِ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ، وَإِنَّهُ لَيَدْنُو ثُمَّ يُبَاهِى بِهِمُ الْمَلاَئِكَةَ فَيَقُولُ: مَا أَرَادَ هَؤُلاَءِ؟

Artinya: “Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan pada Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?’” (HR Muslim)

Apabila Anda hendak menjalanjan puasa sunah pada bulan Zulhijah, berikut niat dan tata caranya.

Niat dan tata cara puasa bulan Zulhijah

Sebelum menjalankan puasa, hendaknya mengucapkan niat dengan tulus serta membulatkan hati untuk menjauhi hal-hal yang membatalkan puasa. Niat puasa bisa diucapkan sejak terbenamnya matahari hingga terbit fajar nanti. Berikut tiga niat puasa pada bulan Zulhijah yang bisa Anda lafalkan sebelum memulai berpuasa.

1. Niat puasa pada tanggal 1-7 Zulhijah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِيْ الْحِجَّةِ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘âlâ 

Artinya:"Saya niat puasa sunnah bulan Zulhijah karena Allah ta’ala.

2. Niat puasa pada tanggal 8 Zulhijah atau Puasa Tarwiyyah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillâhi ta‘âlâ 

Artinya:"Saya niat puasa sunnah Tarwiyah karena Allah ta’ala." 

3. Niat puasa pada tanggal 9 Zulhijah atau Puasa Arafah

نَوَيْتُ صَوْمَ تَرْوِيَةَ سُنَّةً لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillâhi ta’âlâ 

Artinya:"Saya niat puasa sunnah Arafah karena Allah ta’ala." 

Itulah informasi lengkap mengenai puasa Zulhijah yang bisa Anda laksanakan untuk mendapatkan tiga keutamaan berpuasa pada hari yang dimuliakan.

Artikel ini telah tayang dengan judul 3 Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Ketahui Jadwal, Tata Cara, dan Niatnya.

Selain keutamaan puasa Zulhijah, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.