Penyebab Susah Bangun Tidur meski Alarm Meraung-raung
Ilustrasi tidur susah bangun (Pixabay/Katniss12)

Bagikan:

ACEH - Anda mungkin pernah terlambat masuk kerja karena susah bangun pagi, padahal alarm sudah berbunyi keras dan lama. Jika ini cukup sering terjadi, tak hanya bos yang akan marah, Anda pun berisiko mendapat konsekuensinya. Sebenarnya, apa penyebab susah bangun tidur meski sudah menggunakan alarm?

Jika Anda merasa tidak mendengar alarm sama sekali, bisa jadi itu karena Anda tidur nyenyak. Menurut pendiri dan pemimpin Sleep School, Guy Meadows, orang yang tidur nyenyak punya lebih banyak poros tidur atau suatu bentuk aktivitas otak selama tidur non-rapid eye movement (NREM).

Beberapa Penyebab Susah Bangung Tidur meski Alarm Berbunyi

Dikutip VOI dari Healthline, Meadows mengatakan bahwa spindle tidur ini berfungsi sebagai peredam bising. Berdasarkan hasil penelitian mengenai ritme otak dan tidur, orang yang menghasilkan lebih banyak spindle tidur selama tidur malam yang tenang bisa toleransi terhadap lebih banyak kebisingan. Oleh sebab itu, orang tersebut bisa tetap tidur nyenyak meski suara alarm bervolume keras terus-terusan berusaha membangunkannya.

Penyebab lain dari susah bangun saat alarm berbunyi berhubungan dengan kualitas dan jumlah tidur. Biasanya hal ini dialami pekerja shift. Tanpa disadari, mereka perlu membayar utang tidur.

Ketiga, tidur pada waktu yang salah. Orang yang bedagang pada malam hari, bisanya tidur lebih larut atau bahkan saat pagi hari. Ketika alarm berbunyi pada jam-jam awal pagi, orang tersebut berada pada fase deep sleep. Ini berbeda dengan orang yang tidur lebih awal saat malam hari. 

Hussain Abdeh, direktur klinis dan apoteker pengawas di Medicine Direct menambahkan. Kondisi medis tertentu dapat membuat beberapa orang lebih sulit untuk bangun pagi hari. Misalnya dialami pada seseorang dengan gangguan tidur pada ritme jantung yang membuat pola tidur tidak teratur. Artinya, pada kondisi ini tidur akan lebih nyenyak dan sulit dibangunkan.

Di samping kondisi fisik, kondisi mental juga memengaruhi tidur. Orang yang mengalami depresi, seringkali terlalu cemas atau sulit mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Ketika mendapatkan tidur yang nyenyak, alarm akan dilewatkan atau kurang bersemangat untuk bangun dari tempat tidur.

Cara Mengatasi Masalah Susah Bangun Tidur

Untuk mengatasi masalah sulit bangun tidur meski alarm menggema, saran Meadows, cobalah untuk membangun rutinitas. Atur waktu  setiap harinya untuk pergi tidur dan bangun pada jam yang sama. Selain membantu Anda lebih mudah tidur dan bagun tepat waktu, cara ini juga membantu mengembalikan kualitas tidur.

Ditambah lagi, perlu juga memastikan cukup tidur agar tak melunasi hutang tidur. Meadows menambahkan rekomendasinya lagi, yaitu dengan bangun motivasi untuk beranjak dari tempat tidur. Misalnya dengan menyiapkan kopi pagi atau melakukan aktivitas favorit pada pagi hari.

Jika masih membutuhkan alarm, jauhkan gawai Anda yang ada feature alarm-nya. Lebih baik, pakai jam alarm yang mengharuskan Anda beranjak dari kasur untuk mendiamkannya. Dengan begitu, Anda akan terbangun saat matahari masih condong ke barat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Alarm Berbunyi Keras, Tapi Kenapa Susah Bangun Tidur? Ini Penyebabnya Menurut Ahli.

Selain penyebab sulit bangun tidur, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.