Cara Mengatasi Sulit Tidur Setelah Melahirkan
Ilustrasi (Engin Akyurt/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Adaptasi adalah hal yang harus dilakukan oleh suami istri yang baru mempunyai anak, terutama si istri atau ibu. Ibu baru akan disibukkan dengan berbagai hal mengurus bayi, seperti menyusui dan menjalani masa nifas. Ibu yang baru saja melahirkan anak juga akan mengalami gangguan tidur. Cara mengatasi sulit tidur perlu diketahui agar hari-hari tak menjadi semakin buruk.

Kualitas tidur punya pengaruh yang besar terhadap kesehatan fisik dan kesehatan mental. Jika Anda termasuk ibu yang sedang mengalami kesulitan tidur, VOI telah merangkum cara ampuh yang bisa Anda lakukan. 

Cara Mengatas Sulit Tidur bagi Ibu Baru Melahirkan

Mandi dengan air hangat

Studi menunjukkan, mandi menggunakan air hangat bisa membuat tubuh rileks. Hormon adrenalin yang membuat tubuh terjaga juga akan menurun dengan mandi air hangat. 

Lilin aromaterapi 

Lilin aromaterapi tidak hanya menawarkan bau yang membuat rileks, tetapi juga menghadirkan suasana yang berbeda. Pilih wangi yang bisa meredakan stres, seperti aroma bunga lavender. Aroma ini bisa meredakan syaraf-syaraf tegang, mengatasi perasaan tertekan, bingung, cemas, kelelahan, dan lainnya.

Aroma lavender sangat cocok untuk Anda yang telah mengalami kelelahan setelah seharian beraktivitas. Sedangkan aroma bergamot yang berasal dari kulit buah jeruk akan meringankan ketegangan pada saraf, membuat tubuh lebih rileks, serta membantu untuk menjernihkan pikiran.

Buat kamar lebih nyaman

Bersihkan dan tata ulang kamar Anda agar semakin nyaman. Menata ulang kamar bisa menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan tidur setelah melahirkan. Selain dibersihkan secara teratur, cobalah untuk mengatur suhu kamar dan menggunakan lampu tidur yang lebih redup. 

Pengaturan cahaya lampu perlu diperhatikan dengan baik. Cahaya lampu kamar yang redup dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Terkait kamar tidur yang nyaman, usahakan juga untuk mengganti seprai secara teratur. Tak hanya menciptakan rasa nyaman saja, namun juga bisa meningkatkan kesehatan karena terhindar dari kuman, binatang kecil, dan bakteri.

Minum minuman hangat

Asalkan bukan minuman yang mengandung kafein, boleh diminum sebelum tidur. Anda bisa meminum susu hangat, teh chamomile, teh lavender, dan teh kayu manis.

Makan makanan yang mengandung magnesium

Disamping almond dan kacang-kacangan, posing, alpukat, dan tahu juga mengandung magnesium. Kabar baiknya, kandungan kalsium membantu mengatur siklus tubuh, terutama membuat tidur lebih berkualitas.

 

Selain cara mengatasi sulit tidur, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.