Cara Memanjangkan Rambut secara Alami Tanpa Banyak Obat
Ilustrasi (Deepak Sethi/iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Rambut di kepala tumbuh sekitar enam inci setiap tahun, berdasarkan The American Academy of Dermatology Association. Namun, pertumbuhan kadang tidak terjadi dengan maksimal, apalagi jika rambut Anda rontok 50 hingga 100 helai setiap hari. Ada cara memanjangkan rambut secara alami yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rambut yang lebih panjang.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mempercepat pertumbuhan rambut adalah mengubah aspek-aspek tertentu dalam perawatan rambut sehari-hari. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sisir rambut yang berbeda, menambahkan makanan tertentu, atau penggunaan vitamin rambut tertentu. Dikutip VOI dari Good Housekeeping, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah untuk memanjangkan rambut.

Beberapa Cara Memanjangkan Rambut secara Alami

Teratur dipotong

Ini sepertinya berlawanan dengan keadaan yang diinginkan. Namun, Anda perlu memangkas rambut secara teratur jika ingin rambut yang panjang dan sehat.

"Meski memotong rambut tidak membuat rambut tumbuh lebih cepat, tapi cara ini bisa menghilangkan ujung bercabang yang merusak rambut Anda," terang Michael Dueñas, penata rambut selebritas untuk Aloxxi di Los Angeles.

"Menghilangkan kerusakan bisa membuat rambut Anda tumbuh lebih cepat," tambahnya.

Makanan yang tepat

"Untuk meningkatkan pertumbuhan rambut, Anda perlu 'memberi makan' rambut dari dalam," jelas Francesca Fusco, dokter kulit di NYC.

Jadi makanan apa yang bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat? Jawabannya adalah makanan tinggi protein, misalnya ikan.

"Cobalah meningkatkan asupan protein Anda dengan makanan seperti ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan biji-bijian," saran Dr. Fusco.

Bahkan jika Anda bukan pecinta daging, Anda tetap harus menjaga pola makan tinggi protein untuk pertumbuhan rambut. Wanita yang tidak mendapatkan cukup protein sering mengalami lebih banyak kerontokan rambut. Selain makanan tinggi protein, vitamin A, C, dan E, mineral seperti seng dan zat besi dan asam lemak omega-3 juga berkontribusi menyehatkan rambut.

Konsumsi multivitamin setiap pagi

Jika diet tidak memberi nutrisi yang cukup, suplemen bisa membuat perbedaan besar.

"Carilah multivitamin yang diformulasikan dan diberi label 'untuk rambut, kulit, dan kuku'," saran Dr. Fusco.

Dia menjelaskan bahwa multivitamin tersebut mengandung vitamin penting, seperti biotin, vitamin C, dan vitamin B yang bisa mendukung kesehatan rambut.

Sisir rambut secara teratur

Tidur dengan rambut yang tidak disisir mungkin lebih Anda pilih daripada ribet menyisir padahal akan kusut karena tidur. Namun, memberikan beberapa sapuan cepat pada rambut berdampak baik untuk kesehatan rambut dan kulit kepala secara keseluruhan.

"Mulai dari kulit kepala, gunakan sisir dengan bulu lembut untuk mendistribusikan minyak di kulit kepala secara merata ke rambut, sehingga tetap lembab secara alami," saran Meri Kate O'Connor, pewarna senior di Tabb & Sparks Salon di Santa Monica, CA.

Mandi dengan air dingin

Mandi air panas dapat membuat kulit dehidrasi dan juga membuat rambut kasar. "Keramasalah dengan air dingin," saran Paves dan berikan sedikit perhatian ekstra pada kulit kepala. Pijat dengan jari-jari saat keramas untuk menghilangkan kotoran secara mendalam dan membantu meningkatkan sirkulasi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Kiat Menumbuhkan Rambut dengan Cepat Tanpa Bantuan Hair Product.

Selain cara memanjangkan rambut secara alami, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.