Mengenal Diet Flavonol yang Mampu Menurunkan Berat Barat
Ilustrasi makanan yang menurunkan berat badan (Unsplash/Celina Albertz)

Bagikan:

ACEH - Diet atau pengaturan pola makan bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, diet membuat berat badan terkontrol. Nah, salah satu jenis diet yang bisa menurunkan dan mengontrol berat badan adalah diet flavonol. 

Dikutip VOI dari Medical News Today, sebuah studi menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan flavanol tinggi memiliki potensi meningkatkan kesehatan secara signifikan. Flavanol bisa ditemukan terdapat dalam kakao, apel, anggur merah, dan beberapa makanan yang lain.

Berdasarkan penelitian terhadap tikus, senyawa flavanol mungkin berpotensi menjadi obat penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskular dan obesitas. Dalam penelitian lain dibuktikan bahwa flavanol bersifat antioksidan, antikarsinogenik, kardiopreventif, antimikroba, anti-virus, dan neuroprotektif.

Lebih Mengenal Diet Flavanol

Belum lama ini, peneliti dari Jepang melakukan eksplorasi terhadap manfaat flavanol. Jaringan adiposa, atau lemak tubuh, merupakan organ penting dalam menjaga hemostasis energi tubuh. Dalam tubuh terdapat jaringan adiposa putih dan cokelat. Sementara, jaringan adiposa putih bertindak sebagai penyimpan energi dan jaringan adiposa cokelat penting dalam menjaga suhu tubuh.

Naomi Osakabe, profesor di Sekolah Pascasarjana Teknik dan Sains di Institut Teknologi Shibaura, Jepang, mengatakan bahwa konsumsi makanan yang kaya flavon 3-ols mengurangi risiko obesitas dan koplikasinya termasuk mencegah penyakit jantung. Namun pada satu kondisi, flavanol tidak maksimal diserap saluran pencernaan.

Para peneliti membuat hipotesis percobaan dari aktivitas sistem saraf simpatik (SNS) yang ternyata memengaruhi peningkatan kadar katekolamin (CA). Kandungan ini memiliki fungsi seperti dopamin, adrenalin, dan noradrenalin yang dilepaskan oleh SNS selama mengalami peristiwa yang membuat stres sehingga memengaruhi repons fight-or-flight.

Artikel ini telah tayang dengan judul Temuan Studi, Diet Flavanol Bisa Membantu Menurunkan Lemak Tubuh.

Selain diet flavanol, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.