Presiden Jokowi Pantau Pembangunan Tol Trans Sumatra Ruas Pekanbaru—Bangkinang
Jalan tol trans Sumatra (Tangkapan layar)

Bagikan:

ACEH - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan di lokasi pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru—Bangkinang. Jokowi memantau proses pembangunan konstruksi jalan tol sepanjang 40 km yang masuk dalam jaringan Tol Trans Sumatra.

"Pagi hari ini saya mengunjungi dan melihat progres perkembangan pembangunan jalan Tol Trans Sumatra di ruas Dumai—Pekanbaru, dan ini berada di sirip Pekanbaru, Pangginang, dan nanti ke arah Padang," terang Jokowi melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 19 Mei.

Ruas Tol Penkanbaru—Bangkinang Akan Memperlancar Mobilitas Masyarakat dan Barang

Ia mengatakan bahwa progres pembangunan ruas tol tersebut telah berjalan kurang lebih 40 kilometer. Ia harap progres konstruksi segera tuntas.

Menurutnya, jika penambahan ruas tol segera selesai, mobilitas barang serta masyarakat bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hal tersebu mampu meningkatkan daya saing produk dalam negeri.

"Dengan terbukanya banyak ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat dan produk-produk yang ada baik, di provinsi Riau dan Padang nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk negara lain," jelas Presiden.

Untuk diketahui, proyek Jalan Tol Trans Sumatra dicanangkan sebagai proyek prioritas dan strategis (major project) dalam RPJMN 2020—2024. Selain itu, Jokowi juga sudah menetapkan ruas-ruas Tol Trans Sumatra sebagai Proyek Strategis Nasional dalam Perpres 109 Tahun 2020.

Jalan Tol Trans Sumatra dirancang untuk menghubungkan wilayah di sepanjang Pulau Sumatra dari Lampung hingga Aceh dengan jalan sepanjang 2.987 km.

Di Sumatra Selatan terdapat sejumlah ruas tol yang tengah dibangun, seperti ruas Simpang Indralaya—Muara Enim sepanjang 126,7 km yang melewati Ogan Ilir, Muara Enim, dan Prabumulih.

Ruas Palembang—Betung, sebagai bagian dari ruas Kayu Agung—Palembang—Betung sepanjang 69 km yang melewati Ogan Komering Ilir, Ogan Ilir, Pelembang, dan Banyuasin, dan ruas Betung-Tempino-Jambi sepanjang 134 km yang melewati Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Muaro Jambi.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Jokowi Harap Tol Trans Sumatera Tingkatkan Daya Saing Produk Dalam Negeri. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!