Berita Gempa: Padang Sidempuan Diguncang Gempa Bumi 3,4 Magnitudo
Gempa di Padang (Antara)

Bagikan:

ACEH – Terjadi gempa bumi tektonik dengan magnitudo 3,4 di Kota Padang Sidempuan, Sumatra Utara pada Selasa, pukul 05.40 WIB. Gempa yang berkedalaman 2 km itu pusatnya ada pada koordinat 1,53 LU dan 99,24 BT, atau terletak di darat, sekitar 8 km Barat Daya Tapanuli Selatan, Sumatra Utara. 

Menurut Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hartanto, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi dangkal yang disebabkan oleh aktivitas sesar aktif, Sistem Sesar Sumatera pada Segmen Toru.

Tak Ada Gempa Bumi Susulan

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, gempa tersebut terasa hingga wilayah Padang Sidimpuan dengan Skala Intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa bumi tersebut. Hingga pukul 06.30 WIB, hasil monitoring BMKG, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Demikian dilansir Antara, Selasa, 18 Mei.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Gempa Tektonik 3,4 M Guncang Padang Sidimpuan Sumut. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!