Erick Thohir Perintahkan Bank Milik Negara Tingkatkan Akses KUR bagi Pelaku UMKM
Foto: Dok. Kemenko Perekonomian

Bagikan:

ACEH - Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) mendapat instruksi dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, untuk meningkatkan akses kredit usaha rakyat (KUR) bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Ini sejalan dengan target Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu 30 persen pendanaan untuk UMKM pada 2024.

"Pemerintah menyediakan Rp373 triliun untuk program KUR tahun ini dan baru terserap 50 persen," terang Erick Thohir melalui keterangan resmi, Rabu 13 Juli, dikutip VOI.

Alokasi untuk Subsidi KUR

Dia mengatakan, alokasi pendanaan Rp373 triliun tersebut merupakan angka yang sangat besar. Pemerintah memberikan subsidi 13 persen dan porsi yang masuk ke paket KUR sebesar tiga persen.

"Pemerintah juga akan melakukan evaluasi berkala dalam pemberian subsidi KUR. Hal ini akan disesuaikan dengan keuangan negara," ujarnya.

Erick menjelaskan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM), Kementerian Investasi/BKPM, serta Kementerian BUMN mendapat tugas dari Presiden untuk meningkatkan penyerapan KUR yang masih tersisa 50 persen.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan ketiga kementerian sepakat akan menyambungkan data UMKM yang ada di masing-masing kementerian. Erick mengatakan akan mengintegrasikan 12,7 juta nasabah ibu-ibu dalam program PNM Mekaar dan nasabah UMKM bank-bank himbara ke dalam sistem tersebut.

"Insyaallah kalau ini kita bisa digabungkan, dari 1,5 juta menjadi 10 juta bukan hal yang tidak mungkin ke depan," ucap Erick.

Kerja Sama untuk Optimalisasi Penyerapan KUR

Erick menekankan penyerapan KUR memerlukan kolaborasi antarlini, tak hanya antarkementerian, melainkan juga pemerintah daerah.

"Ini masih ada 50 persen yang jumlahnya harus terserap, tentu kami berharap juga para pemerintah daerah, gubernur, bupati, terbuka bekerja sama dengan kami, karena tidak mungkin kita sukses kalau tidak bekerja sama," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Penyaluran KUR Baru Separuh dari Rp373 Triliun, Menteri BUMN Perintahkan Bank Milik Negara Tingkatkan Akses Kredit untuk UMKM.

Selain penyaluran KUR bagi UMKM, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.