PDIP Tak Akan Berkoalisi dengan PKS dan Partai Demokrat dalam Pemilu 2024
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Bagikan:

ACEH - Sekjen PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, menyatakan PDIP menutup peluang koalisi dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat untnuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. Hasto menyampaikan kabar tersebut saat berbicara mengenai kemungkinan kerja sama dengan partai politik (parpol) lain.

"Ya kalau dengan PKS tidak (berkoalisi)," terang Hasto di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Juni, dikutip VOI.

PDIP Ucapkan Selamat kepada PKS dan NasDem

Meski demikian, Hasto mengucapkan selamat atas terjalinnya kerja sama antara PKS dengan Partai NasDem. Namun, PDIP tidak akan mengikuti jejak dua parpol itu untuk buru-buru berkoalisi.

Hasto mengatakan, PDIP lebih memilih menyerap aspirasi masyarakat dan membantu memulihkan dampak pandemi COVID-19.

"Ya itu bagus sekali ada partai yang secara dini membangun koalisi antara NasDem dengan PKS, PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas koalisi NasDem dan PKS tersebut," terangnya.

"Tetap bagi PDI Perjuangan keyakinan yamg kami tempuh adalah turun ke bawah ke desa-desa menyerap aspirasi masyarakat desa membantu memulihkan dari dampak pandemi COVID-19," lanjut Hasto.

Alasan PDIP Tutup Pintu Koalisi dengan Partai Demokrat

Selain PKS, PDIP juga sampaikan sinyal menolak koalisi dengan Partai Demokrat. Alasannya, partai berlambang banteng itu tak suka dengan kamuflase politik yang sering terjadi.

"Koalisi ini harus melihat emotional bonding pendukung PDIP, begitu. Pendukung PDIP ini rakyat, wong cilik yang tidak suka berbagai bentuk kamuflase politik. Rakyat apa adanya. Rakyat yang bicara dengan bahasa rakyat sehingga aspek historis itu tetap dilakukan," tuturnya.

Dengan alasan inilah, maka Hasto menilai sulit bekerja sama dengan partai yang diketuai oleh Agus Harimurti Yudhoyono tersebut.

"Kalau saya pribadi sebagai sekjen memang tidak mudah untuk bekerja sama dengan Partai Demokrat karena dalam berbagai dinamika politik menunjukan hal itu," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Keras! PDIP Tutup Pintu Koalisi dengan PKS-Demokrat di Pemilu 2024.

Selain PDIP terkait koalisi, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.