Kick-off Liga 1 Indonesia Kemungkinan Tanggal 23 Juli
Ilustrasi kompetisi Liga 1 Indonesia. (Foto: Dok. PT LIB)

Bagikan:

ACEH - Kompetisi sepak bola nasional, Liga 1 Indonesia musim 2022/2023, kemungkinan mulai bergulir pada 23 Juli 2022. Meski demikian, jadwal tersebut masih berpeluang mundur. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita.

"Kemungkinan besar Liga 1 2022/2023 mulai tanggal 23 Juli. Bisa saja memang bergeser antara tanggal 23 Juli sampai 27 Juli, tetapi harapan kami, kick-off tanggal 23 Juli," terang Akhmad Hadian, dikutip VOI dari Antara.

Liga 1 Indonesia Berlangsung saat Ramadan

Dia menjelaskan, Liga 1 Indonesia 2022/2023 direncanakan usai pada April 2023. Dengan kata lain, kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia itu akan berjalan selama bulan puasa pada tahun tersebut.

"Itu karena kami harus menyesuaikan dengan kegiatan tim nasional serta turnamen internasional seperti Piala Dunia. Banyak kegiatan yang tak boleh ditabrak," terang Akhmad Hadian.

Akhmad mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan persiapan agar memperoleh izin keramaian dari Polri.

"Kami akan mengurus semuanya ke Mabes Polri, mungkin minggu ini atau minggu depan. Paling tidak, kami ingin jadwalnya sudah ada," kata Akhmad.

Kasus Bobotoh Meninggal Jadi Pelajaran

Dua juga menyoroti meninggalkan dua suporter di Bandung saat laga Piala Presiden 2022. Kejadian tersebut, kata dia, menjadi pelajaran penting untuk Liga 1 Indonesia musim depan.

"Kami memang mesti mengevaluasi penuh terutama soal keamanan," ujarnya.

Nantinya, setiap klub mesti menerapkan pengamanan berlapis di setiap pertandingan Liga 1 Indonesia. Selain itu, LIB juga berharap semua klub peserta memiliki kesamaan tentang teknis penjualan tiket, yang hanya tersedia dalam bentuk digital, ke publik.

LIB sendiri memiliki aplikasi atau perangkat lunak untuk pemesanan karcis Liga 1 2022/2023, tetapi dalam praktiknya, panitia pelaksana klub dapat bekerja sama dengan vendor lain.

"Nantinya klub bisa 'join' dengan vendor. Sementara untuk syarat penonton, minimal sudah menerima dua doksis vaksin, lebih bagus tiga (penguat-red)," tutur Akhmad Hadian.

Artikel ini telah tayang dengan judul Liga 1 Indonesia 2022/2023 Kemungkinan Bergulir 23 Juli, PT LIB: Meninggalnya 2 Bobotoh Bisa Jadi Pelajaran.

Selain kabar Liga 1 Indonesia, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.