Calon Haji Termuda Aceh Tahun Ini Berasal dari Lhokseumawe
Para jemaah calon haji kloter pertama saat berada di Asrama Haji Embarkasi Aceh, Kota Banda Aceh, Rabu (14/6/2022). (FOTO ANTARA/Khalis Surry)

Bagikan:

ACEH - Calon haji termuda yang berangkat dari embarkasi Aceh berasal dari Kota Lhokseumawe, yaitu berusia 18 tahun. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Iqbal. 

“Jemaah haji termuda berasal dari Lhokseumawe yaitu Farah Fazira dengan usia 18 tahun,” terang Iqbal di Banda Aceh dikutip VOI dari Antara, Selasa, 14 Juni.

Calon Haji Termuda dan Tertua Asal Aceh Tahun ini

Farah Fazira lahir pada 4 Februari 2004. Saat ini dirinya berstatus sebagai pelajar. Dia akan berangkat ke Tanah Suci bersama orang tuanya.

Dia akan berangkat dalam kelompok terbang (kloter) IV pada Sabtu, 18 Juni bersama jemaah lain asal Aceh Utara sebanyak 208, Kota Lhokseumawe 130 orang, dan Aceh Tamiang 49 orang.

Mereka akan terbang ke Madinah, Arab Saudi menggunakan maskapai Garuda Indonesia Airways (GIA) dengan nomor penerbangan GA2104 pada pukul 00.30 WIB. Penerbangan tersebut akan didampingi oleh empat orang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) dan dua Pemandu Haji Daerah (PHD).

“Ia memang sudah terdaftar dari awal sebagai jemaah, bukan jemaah cadangan atau pengganti,” terang Iqbal.

Sementara itu, jemaah calon haji tertua dari Aceh berasal dari Kabupaten Aceh Barat atas nama Cut Endek Teuku Budiman Binti Muhammad Amin B. Cut Endek saat ini berusia 65 tahun. Perempuan ini akan berangkat dalam kloter lima pada 19 Juni.

“Karena tahun ini ada pembatasan usia 65 tahun ke bawah, maka yang paling tua ini, artinya yang paling tua di antara yang tua-tua,” kata Iqbal.

Rerata Usia Jemaah Calon Haji Aceh

Kemenag mencatat rata-rata usia jemaah haji Aceh yang akan berangkat tahun ini antara 51-60 tahun yaitu sebanyak 955 jemaah atau 47,2 persen dari total jamaah yang akan berangkat sebanyak 1992 orang.

Pada musim haji tahun ini, Kemenag Aceh akan memberangkatkan jemaah sebanyak 1.992 orang ditambah petugas sebanyak 31 orang, sehingga total 2.023 jemaah.

Semua jemaah akan diterbangkan dalam enam kloter, masing-masing kloter 393 orang terdiri atas lima kloter penuh dan satu kloter campuran.

“Dalam kloter campuran, jemaah asal Aceh akan bergabung dengan sebagian jemaah Medan, Sumatera Utara,” katanya.

Kemenag Aceh akan memberangkatkan kloter pertama pada Rabu (15/6) sekitar pukul 01.25 WIB dini hari. Saat ini para jemaah kloter pertama sudah memasuki asrama haji Embarkasi Aceh, demikian Iqbal.

Artikel ini telah tayang dengan judul Farah Fazira Asal Lhokseumawe Aceh Jadi Calon Haji Termuda.

Selain jemaah calon haji termuda, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.