Ingin Menurunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki? Ini Tips dari Ahli
Ilustrasi (Yogendra Singh/Pexels)

Bagikan:

ACEH - Salah satu hal yang penting untuk menjaga kesehatan adalah olahraga atau kegiatan fisik. Ini pula yang perlu dilakukan untuk bisa menurunkan berat badan. Tak harus olahraga yang berat, sebab Anda bisa menurunkan berat badan dengan jalan kaki.

Aktivitas sedehana berupa berjalan setiap hari bisa mengurangi risiko gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan persendian kaku. Selain itu, berjalan kaki secara konsisten bisa membantu menurunkan berat badan.

Aktivitas Fisik untuk Menjaga Kesehatan

Dikutip VOI dari ANTARA, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan 150 menit dalam seminggu digunakan melakukan aktivitas fisik dengan intensitas sedang atau 75 menit dalam seminggu dengan aktivitas berintensitas tinggi.

Idealnya, Anda mesti aktif secara fisik selama 30 menit per hari selama lima hari dalam seminggu untuk menjaga kesehatan. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan tambahan, CDC merekomendasikan untuk menyesuaikan hingga 300 menit dalam seminggu dengan aktivitas berintensitas sedang atau 150 menit dalam seminggu dengan aktivitas berintensitas tinggi.

Lalu, berkaitan dengan berjalan kaki, berapa banyak langkah yang harus dilakukan dalam sehari untuk bisa menurunkan berat badan? Laura Arndt, personal trainer bersertifikat NSCA, menjelaskan bahwa jalan cepat selama 30 menit bisa sebanding dengan 3.000 hingga 5.000 langkah, tergantung kecepatan dan gaya berjalan mereka.

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

Arndt merekomendasikan agar kliennya menargetkan 10.000 langkah dalam sehari. Rata-rata, seseorang bisa membakar 100 kalori dengan berjalan satu mil. Sementara, berjalan 10.000 langkah sama dengan berjalan sejauh lima mil.

Dengan demikian, seseorang bisa membakar sekitar 500 kalori dari menyelesaikan 10.000 langkah penuh sehari. Namun, Arndt menegaskan bahwa 10.000 langkah dalam sehari bukan target yang realistis untuk dicapai semua orang.

"Hal terbaik yang harus dilakukan adalah meminta seseorang memakai pelacak kebugaran selama seminggu, melihat jumlah rata-rata langkah mereka selama seminggu, dan meminta mereka untuk meningkatkan jumlah langkah mereka sebesar 10 persen," kata Arndt.

Jika Anda secara khusus ingin menurunkan berat badan, ahli bedah bariatrik di Khalili Center Gregg Kai Nishi, MD, FACS, mengatakan, intensitas aktivitas fisik juga memainkan peran penting.

"Berjalan 10.000 langkah yang sangat lambat mungkin tidak cukup untuk benar-benar menghasilkan penurunan berat badan. Sebaliknya, berjalan sangat cepat, bahkan jika kurang dari 10.000 langkah, mungkin jauh lebih bermanfaat dalam hal penurunan berat badan," katanya.

Gregg juga mengatakan bahwa selain melihat jumlah langkah dalam sehari, Anda juga bisa melakukan latihan otot. Menurutnya, latihan otot bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme, membakar kalori, dan membantu menurunkan berat badan.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perlu Berapa Langkah Per Hari Jika Ingin Turunkan Berat Badan? Ini Jawaban Ahli.

Selain menurunkan berat badan dengan jalan kaki, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.