Mengenal Tanaman Hias Bergetah Penyebab Iritasi
Ilustrasi getah tanaman hias yang beracun dan mengiritasi kulit (Pexels/Nikolay Osmachko)

Bagikan:

Aceh - Anda perlu berhati-hati saat memangkas tanaman hias tertentu. Ada tanaman hias bergetah yang bisa membuat kulit Anda iritasi sehingga terasa gatal dan memunculkan ruam serta berwarna merah. 

Dikutip VOI dari Gardeners World, tanaman bergetah iritan akan membuat kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Salah satu tanaman yang bergetah berbahaya adalah Heracleum mentegazzianum atau hoogwed. Tanaman ini disebut sebagai tanaman monster yang bisa memberikan sensasi terbakar saat getahnya mengenai kulit.

Daftar Tanaman Bergetah Penyebab Iritasi 

1. Krisan

Getah krisan mengandung senyawa fitokimua alantolactone. Ini merupakan senyawa yang bisa mengiritasi kulit serta meningkatkan kepekaan kulit terhadap sinar matahari. Jika Anda ingin melakukan pemangkasan untuk merapikan tanaman ini, Anda perlu memakai sarung tangan. 

2. Tanaman ara

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Ficus benjamina. Bersentuhan dengan getah tanaman ini bisa menyebabkan reaksi alergi termasuk dermatitis. Ini kerap dialami oleh orang yang sensitif atau alergi terhadap lateks. Dalam kasus yang jarang, kontak dengan getah ficus bisa mengakibatkan syok anafilaksis.

3. Tanaman ubi

Tanaman ini bersifat perennial karena bisa tumbuh abadi selama umbinya masih aktif. Disebut dengan parsnip, seperti anggota keluarga wortel, tanaman ini memiliki getah iritan yang bisa menyebabkan gatal, melepuh, dan kulit berwarna lebih gelap atau terbakar jika terserap kulit.

4. Philodendron

Tanaman hias yang cantik dan harganya bisa melangit ini, punya getah yang sifatnya juga mengiritasi jika mengenai kulit. Selain itu, getahnya juga beracun apabila tertelan dalam dosis besar. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan keamanan dalam berkebun. Meskipun tanaman ini cantik, antisipasi agar tidak teriritasi atau termakan perlu dilakukan misalnya dengan memakai perlengkapan berkebun yang aman.

5. Alstroemeria

Alstroemeria lebih populer disebut lili Peru atau lili suku Inca. Jenis tanaman hias berbunga ini berwarna bunga merah muda atau jingga. Senyawa pada getah yang mengandung tulipalin dihasilkan saat jaringan tanaman ini rusak. Kadang saat pemangkasan secara alamiah, Alstroemeria memproduksi senyawa yang mengiritasi kulit. Menelan getahnya apalagi, pasalnya bisa bikin muntah ringan atau diare. Jika kontak dengan kulit, getahnya membuat ruam, lecet, bahkan mata iritasi.

Apakah kelima tanaman di atas Anda rawat di rumah? Tak apa, asalkan Anda memahami cara berkebun secara aman untuk antisipasi dan mengenali getah tanaman yang bisa mengiritasi.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hati-Hati, 5 Tanaman Hias ini Getahnya Beracun dan Mengiritasi Kulit.

Selain tanaman hias bergetah penyebab iritasi, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.