5 Ciri Tanaman Hias Kelebihan Air
Ilustrasi Tanaman Kelebihan Air (Markus Spiske/Pexels)

Bagikan:

Aceh - Jenis tanaman hias yang berbeda tentu kebutuhan airnya juga berbeda. Sebagai contoh, tanaman kaktus dan sirih gading sangat tahan terhadap cuaca panas sehingga tidak butuh banyak air, sedangkan pakis lebih menyukai cuaca lembab yang stabil. Menyiram tanaman dibutuhkan, tetapi jangan sampai tanaman hias kelebihan air.

Jika terlalu sering disiram, tanaman bisa mati karena kelebihan air. Akar tanaman butuh keseimbangan air dan oksigen untuk berkembang. Air yang terlalu banyak akan membuat akar tenggelam sehingga menyebabkan pembusukan. dikutip VOI dari Mind, Body, Green, inilah lima tanda tanaman hias terlalu banyak air.

Ciri Tanaman Hias Kelebihan Air

Tanah selalu basah saat disentuh

Jika dalam satu atau dua hari Anda belum menyiram tanaman, coba rasakan tanah pada kedalaman sekitar satu inci. Jika masih lembab dari waktu terakhir Anda menyiram, ini bisa jadi tanda tanaman terlalu banyak disiram. Pastikan untuk memilih pot dengan lubang drainase yang baik untuk mencegah kelebihan air menggenang di tanah.

Daun menguning

Menurut konsultan tanaman hias Stu Wilson, alias Plantastic Mr. Fox, daun yang menguning adalah salah satu tanda utama tanaman kelebihan air. Ironisnya, daun juga bisa menguning jika kekurangan air.

Para penghobi tanaman perlu cermat mengenai hal ini. Tempelkan jari Anda di tanah untuk memeriksa tingkat kelembapannya sehingga penyebab daun yang menguning bisa diketahui.

Batang lunak dan licin

Wilson mencatat batang yang lembut dan licin adalah tanda lain dari tanaman terlalu sering disiram. Ini muncul karena seluruh tanaman menyerap terlalu banyak kelembapan dan mulai mengembang dan kehilangan kekencangannya.

Tepi daun muncul bintik kecokelatan

Terkadang, jika daun menyerap terlalu banyak air, sel-selnya menjadi terlalu jenuh dan pecah sehingga menyebabkan bintik-bintik coklat terbentuk. Sayangnya, bintik-bintik gelap pada daun juga bisa jadi tanda tanaman kekurangan air.

Rebecca Bullene, seorang pemilik toko tanaman di Brooklyn, Greenery Unlimited menyarankan. Jika warna cokelat muncul di sepanjang tepi daun ini menunjukkan tanaman kelebihan air, sementara bercak di tengah daun sering menandakan tanaman kekurangan air.

Tanah menarik hama

Agas dan hama lainnya menyukai tanah yang lembab. Jika Anda memperhatikan hama melayang-layang di sekitar tanaman Anda, mungkin sudah waktunya untuk memeriksa tanaman.

Anda dapat memastikan diagnosis yang dicurigai dengan mengaduk tanaman secara perlahan dari wadahnya dan memeriksa sistem akarnya. Jika masalahnya adalah kelebihan air, akar akan terlihat gelap dan terasa lembek saat disentuh. Tanah tanaman juga dapat mengeluarkan bau asam karena bakteri menyukai genangan air di sekitar akar tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Waspada, Ini 5 Tanda Kelebihan Air Pada Tanaman Hias.

Selain ciri tanaman hias kelebihan air, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.