Hari Raya Nyepi, Menteri Agama Menggarisbawahi "Tattwam Asi"
Yaqut Cholil Qoumas (Instagram @gusyaqut)

Bagikan:

ACEH - Hari ini Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi kepada umat Hindu yang merayakan.

"Saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada,” ungkap Yaqut pada Kamis, 3 Maret 2022, dikutip VOI.

Umat Hindu melakukan catur brata penyepian yang menjadi rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944. Umat Hindu menjalani amati geni (tidak menggunakan dan menghidupkan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), dan amati lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

Harapan Menteri Agama terhadap Hari Raya Nyepi Tahun Ini

Indonesia penuh dengan keberagaman. Yaqut memaknai Hari Raya Nyepi sebagai momen untuk mengaktualisasikan nilai luhur, salah satunya tattwam asi.

Tattwam asi bermakna 'aku adalah engkau'. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi," terangnya.

Yaqut berharap umat Hindu mampu menjadikan Hari Suci Nyepi tahun ini sebagai lentera dalam menatap masa depan. Selain itu moderasi beragama juga diperkuat dengan merealisasikan Tattwam Asi.

"Mari berikan jeda sejenak kepada alam agar kembali menata keseimbangan. Kita muliakan alam maka alam akan memuliakan harkat dan martabat kemanusiaan," kata Menag.

"Semoga pandemi covid-19 segera berlalu. Mari terus berkolaborasi dalam harmoni, perkuat moderasi beragama, menuju Indonesia maju," tutupnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Hari Raya Nyepi, Menag: Beri Jeda Sejenak kepada Alam.

Selain Hari Raya Nyepi, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.