Penipuan Atas Nama Bank Aceh Syariah Merebak, Nasabah Diimbau Hati-Hati
Ilustrasi-Tampilan aplikasi mobile banking Bank Aceh (Action) (ANTARA/HO)

Bagikan:

ACEH - Bank Aceh Syariah (BAS) mengimbau para nasabah agar tak terjebak penipuan program pesta poin Bank Aceh bermodus phising atau tindakan manipulasi yang dilakukan untuk mendapatkan informasi pribadi.

"Program pesta poin Bank Aceh akhir-akhir ini telah marak modus penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh. Salah satu penipuan yang saat ini sedang terjadi adalah program pesta poin Bank Aceh," terang Pemimpin Divisi Sekretariat Perusahaan Bank Aceh, Yusnimar, di Banda Aceh, Jumat, 14 Januari, dikutip VOI dari Antara.

Modus Penipuan Atas Nama Bank Aceh Syariah

Dia menjelaskan, penipuan yang mengatasnamakan Bank Aceh itu dilakukan melalui WhatsApp, SMS dan media sosial lainnya. Nasabah diingatkan unntuk terus berhati-hati dan tidak menghiraukan hal-hal yang mencurigakan tersebut.

Modus yang dilakukan adalah meminta data pribadi, seperti user ID, PIN, nomor rekening bank, nomor kartu ATM secara tidak sah untuk penipuan atau kejahatan.

"Bank Aceh tidak pernah meminta kode OTP, password, PIN, kode aktivasi maupun informasi pribadi apapun kepada nasabah. Informasi tersebut merupakan privasi yang hanya boleh diketahui oleh nasabah," terangnya.

 

Yusnimar melanjutkan, penipuan dilakukan melalui sebaran informasi yang menyebut bahwa aplikasi mobile banking Bank Aceh (Action) mengadakan pesta poin dengan meminta klik link yang akan mengarah ke chat WA.

Kemudian, pelaku akan meminta nasabah mengisi data pengguna mobile banking seperti username, password, mobile PIN, nomor kartu ATM, dan PIN ATM. Pelaku penipuan juga meminta kode OTP yang dikirimkan ke ponsel nasabah.

“Modus tersebut telah marak di sejumlah media sosial. Jangan pernah memberikan informasi penting dengan alasan apa pun kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Yusnimar.

Masyarakat Diimbau Hati-Hati

Dalam kesempatan ini, Yusnimar juga menuturkan bahwa aplikasi mobile banking Action memiliki banyak keunggulan dengan fitur yang memudahkan nasabah dalam mengakses sejumlah layanan transaksi.

 

“Kiranya pengguna dapat dengan cermat menggunakannya, sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Jika menerima informasi tertentu mengenai produk atau promosi Bank Aceh, tambah Yusnimar, nasabah dan masyarakat diminta langsung mengonfirmasi ke contack center Bank Aceh di 1500845 atau mendatangi kantor cabang terdekat. 

Artikel ini telah tayang dengan judul Marak Modus Penipuan Phising Lewat WhatsApp Catut Nama Bank Aceh Syariah, Nasabah Diminta Waspada.