Bayi Lahir di RSIA Aceh Bisa Langsung Dapat Akta Kelahiran
Kepala Disdukcapil Banda Aceh, Emila Sovayana (kiri), bersama Direktur RSIA Aceh Munawar (kanan) (ANTARA)

Bagikan:

ACEH – Belum lama ini pemerintah Kota Banda Aceh membuat program pelayanan online akta kelahiran terintegrasi (Pelita Hati) untuk kemudahan dan percepatan pembuatan akta kelahiran bagi bayi yang dilahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak.

"Warga Banda Aceh yang melahirkan di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Aceh langsung ada akta kelahiran," terang Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Banda Aceh, Emila Sovayana, di Banda Aceh, diktip VOI dari Antara, Jumat, 10 Desember. 

Pelita Hati lahir atas kerja sama yang dilakukan oleh Disdukcapil Banda Aceh dengan RSIA dalam rangka percepatan dan memudahkan bayi memiliki akta kelahiran.

Pembuatan Akta Kelahiran Anak Gratis

Emila mengatakan bahwa melalui program ini orang tua bayi tidak perlu lagi mengurus akta kelahiran ke Disdukcapil sebab sudah diproses langsung oleh pihak RSIA Aceh. Orang tua hanya perlu menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan.

“Syaratnya orang tua atau keluarga dari bayi yang baru lahir menyiapkan surat kelahiran dari rumah sakit, foto kopi KTP orang tua, foto kopi kartu keluarga dan foto kopi saksi, nantinya akan diberikan akta kelahiran, KK dan KIA,” terangnya.

Pelayanan tersebut, lanjut Emila, tidak dipungut biaya apa pun alias gratis. Program ini telah mendapat dukungan penuh dari Wali Kota Banda Aceh, Aminullah Usman.

Sementara, Direktur RSIA Aceh, Munawar, mengucapkan terima kasih kepada Disdukcapil Kota Banda Aceh karena telah memfasilitasi RSIA pada program Pelita Hati tersebut.

Kata munawar, kerja sama ini merupakan hal yang baik karena memudahkan orang tua yang melahirkan di RSIA dalam pengurusan akta kelahiran anaknya.

“Kerja sama ini sangat baik, artinya keluarga tidak susah lagi untuk mengurus akta kelahiran, karena telah diurus langsung oleh pihak rumah sakit secara online. Sehingga begitu keluar dari rumah sakit langsung ada akta kelahiran, KK, dan KIA,” kata Munawar.

Artikel ini telah tayang dengan judul Tak Perlu Repot-repot ke Disdukcapil Lagi, Bayi Baru Lahir di RSIA Banda Aceh Langsung Miliki Akta Kelahiran.

Selain akta kelahiran, ikuti berita serta info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.