Menpora Bantah Praktik "Sepak Bola Gajah" dalam Laga PON Papua yang Mempertemukan Aceh dengan Kaltim
Menpora, Zainudin Amali (Antara)

Bagikan:

ACEH – Menpora, Zainudin Amali, menampik kabar adanya praktik “sepak bola gajah” di PON XX Papua 2021. Zainudin mengaku telah bertanya kepada beberapa pihak terkait hal tersebut.

“Jadi, saya kebetulan tidak berada di situ, saya sudah tanyakan kepada teman-teman yang netral. Mereka menyampaikan, kami melihat tidak ada sesuatu yang perlu dicurigai. Beberapa pemain nasional juga saya tanya, mereka bilang tidak ada. Jadi, main normal-normal aja,” kata Menpora dalam diskusi daring seputar pelaksanaan PON XX Papua di Jakarta, Rabu, dilansir Antara.

Penjelasan Menpora sebagai respons terhadap pemberitaan tentang terjadinya praktik “sepak bola gajah” pada laga penyisihan grup C cabang olahraga sepak bola PON XX Papua yang mempertemukan Aceh melawan Kalimantan Timur di Stadion Barnabas Youwe, Sentani, Jayapura, Senin lalu.

Kemenangan Aceh Diduga Berkat “Sepak Bola Gajah”

Dugaan kejanggalan pada pertandingan tersebut mengemuka karena pemain bertahan Kalimantan Timur, M. Risky Romadan, mencetak gol bunuh diri pada menit ke-70. Proses terjadinya gol bunuh diri itu memunculkan kecurigaan tindakan tak sportif dalam pertandingan.

Kedudukan yang sebelumnya 2-2 pun berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Aceh. Skor tersebut bertahan hingga pertandingan usai dan membuat Aceh melaju ke babak enam besar setelah unggul produktivitas gol atas Sulawesi Utara.

Sementara, Sulawesi Utara yang semula punya peluang besar lolos harus tersingkir.

Menurut Menpora, hal tersebut bukanlah seolah-olah gol yang didesain khusus, terlebih saat itu kondisi kiper sudah di out of position (luar kendali).

“Kan kipernya sudah out position, ini pelajaran juga bahwa yang paling bagus ini tidak menggantungkan nasib kepada tim lain karena itu akan sulit,” ungkapnya.

Menpora kembali menegaskan, "Tapi itu kalau saya melihat tidak ada sampai “sepak bolah gajah”, itu tidak ada. Saya sudah bertanya ke yang netral dan tak berkaitan karena bakalan subjektif nanti," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Bantah Ada Praktik 'Sepak Bola Gajah' di PON Papua, Menpora: Tidak Ada Sesuatu yang Perlu Dicurigai.

Selain “sepak bola gajah”, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!