Gubernur Aceh Dukung Pendidikan Inklusif di Tanah Rencong
Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menerima audiensi rombongan dari Save Education Aceh (SEA)

Bagikan:

ACEH – Save Education Aceh (SEA) menjalankan program pendidikan inklusif di Aceh. Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, mendukung program yang ada diterapkan di beberapa sekolah itu.

"Sepanjang tidak menyalahi aturan dan bermanfaat untuk kemaslahatan umat, saya sangat mendukung,” ungkap Nova saat menerima audiensi Tim SEA di Meuligoe Gubernur, Banda Aceh, dikutip VOI dari Antara, Selasa, 23 November. 

Dengan program tersebut, Dinas Pendidikan Aceh bisa merajut kerja sama dengan SEA supaya program SEA bisa diterapkan lebih luas di Provinsi Aceh

Konsep Pendidikan Inklusif Disambut Baik oleh Kemendikbudristek

Aisyah selaku CEO SEA menjelaskan, konsep pendidikan inklusif tersebut mereka jalankan berdasarkan penelitian terhadap penyelenggaraan pendidikan yang selama ini berjalan. Hasil penelitian dijadikan data yang kemudian disambut baik oleh pihak Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI.

Aisyah mengatakan, saat ini konsep pendidikan inklusif yang mereka gagas menyasar pendidikan sekolah dasar (SD) dan akan memasuki pada tingkatan sekolah menengan atas (SMA).

“Nilai penting pendidikan inklusif adalah terciptanya pembelajaran yang ramah bagi semua peserta didik, baik reguler maupun anak berkebutuhan khusus,” lanjutnya.

Ia mengatakan bahwa sekolah tidak membeda-bedakan peserta didik. Semua siswa berhak mendapatkan pelayanan pendidikan yang sama.

“Perhatian terhadap pendidikan yang inklusif beranjak dari adanya diskriminasi di lapangan. Di Banda Aceh sendiri yang kita temukan konsep pendidikan inklusif belum dipahami oleh pemangku kebijakan,” kata Aisyah.

Aisyah menambahkan, pihaknya berkomitmen untuk mendorong seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan di Aceh, termasuk para guru, agar mampu memahami konsep pendidikan inklusif. Karena itu, SEA membutuhkan dukungan semua pihak agar penyelenggaraan pendidikan inklusif di Aceh dapat diterapkan.

Artikel ini telah tayang dengan judul SEA Bawa Konsep Pendidikan Inklusif di Aceh, Gubernur Nova Iriansyah: Selama Bermanfaat Saya Dukung.

Selain pendidikan inklusif di Aceh, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!