Mata Terasa Segar Saat Berlibur di Alam, Ini Penjelasan Dokter Soal Kesehatan Mata
Ilustrasi liburan (unsplash)

Bagikan:

ACEh – Berlibur di alam terbuka adalah pilihan yang tepat untuk menyegarkan mata demi kesehatan mata. Terlebih lagi jika Anda hidup dan bekerja di depan layar komputer atau laptop. Alam terbuka akan membuat mata Anda kembali segar.

Tapi, kenapa mata bisa terasa lebih nyaman dibandingkan saat setelah melihat layar komputer atau gawai selama berjam-jam?

"Mata kering berhubungan dengan hormon kortisol atau hormon stres. Ketika liburan, hormon stres rendah, jadi produksi air mata menjadi lebih baik," ungkap dokter spesialis mata, Damara Andalia, dalam webinar kesehatan.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata kering terjadi karena penurunan produksi dan kualitas air mata yang bersifat sebagai pelumas. Bila tidak diatasi, mata kering bisa menimbulkan komplikasi luka terbuka pada lapisan luar pelindung mata, yaitu kornea.

Tak hanya itu, menikmati pemandangan di alam terbuka membuat mata lebih nyaman karena otot mata relaksasi ketika melihat objek-objek yang jauh.

Saat mata melihat benda yang dekat, seperti layar komputer, dengan jarak kurang dari enam meter, otot mata berkontraksi. Anjuran dari dokter mata adalah menerapkan aturan 20-20-20, lihat ke kejauhan selama 20 detik sejauh 20 kaki (6 meter) setelah 20 menit melihat layar.

"Karena melihat pemandangan yang fokusnya jauh, aturan 20-20-20 otomatis sudah dikejarkan dibandingkan di dalam rumah yang jarak fokus (melihat kejauhan) jarang bisa enam meter," jelas dia.

Selain kesehatan mata, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!