Mengenal Filosofi Ikigai untuk Menjalani Hidup dengan Baik dan Bahagia
Ilustrasi ikigai (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Kesehatan fisik dan kesehatan mental adalah dua hal penting yang harus dijaga. Psikolog anak, remaja, dan keluarga, Jovita Ferliana, berbagi inforasi terkait cara menjalani hidup terbaik secara lahir dan batin, termasuk memahami filosofi ikigai dari Jepang.

"Di Jepang dikenal filosofi ikigai, sebuah konsep yang berarti a reason for being, ‘alasan untuk keberadaan kita’. Memahami konsep ikigai bisa membantu kita untuk mencari dan menentukan alasan menjalani hidup," terang Jovita, dikutip dari siaran resmi, Sabtu, 30 Oktober.

Menurut Jovita, orang-orang perlu sadar bahwa menjalani hidup terbaik itu merupakan hal yang sangat pribadi, subjektif, serta berfokus pada diri dan orang terdekat kita. Bagi setiap individu, jalanilah kehidupan yang membuat kita bahagia.

Meresapi Filosofi Ikigai

Fokus pada masa kini dan bebaskan diri untuk melakukan hal yang membuat Anda merasa senang, termasuk menjalani hobi sehari-hari. Anda juga dapat menggali potensi dalam diri sesuai dengan keinginan hati, dan dapat melakukan hal terbaik untuk orang-orang terkasih.

Jangan lupa juga untuk mengisi body, mind, and soul. Penjelasan dari hal ini, body diisi dengan nutrisi baik; mind dengan keterampilan, pikiran positif, dan edukasi; sedangkan soul dengan rasa syukur, relaksasi, dan mindfulness.

Mindfulness adalah cara seseorang melatih pikiran agar secara penuh dan hadir secara utuh sekarang. Pikiran tidak dibiarkan berkelana ke masa lalu, atau masa depan, tapi betul-betul memusatkan kepada apa yang sedang terjadi saat ini.

Selain filosofi ikigai, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!