Presiden Jokowi Diakui Internasional, PDIP Membandingkannya dengan SBY
Presiden Joko Widodo (Instagram/@jokowi)

Bagikan:

ACEH – Presiden Jokowi mendapatkan apresiasi dari dunia terkait penanganan pandemi COVID-19. Hal tersebut ditanggapi oleh PDI Perjuangan. Partai berlambang banteng ini bangga dengan capaian Joko Widodo.

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, ketika membuka Webinar Penganggaran Desa Wisata Perancangan Kebijakan Penganggaran Desa Wisata di kantor DPP PDIP pada Kamis, 21 Oktober.

"Berbagai apresiasi sudah diberikan kepada Presiden Jokowi dan kita sebagai partai pengusung pun ikut bangga bagaimana kepemimpinan Pak Jokowi yang turun ke bawah, melihat akar persoalan pokok dari COVID-19 dan kemudian mencari solusi menyeluruh dimulai dari refocusing anggaran, kebijakan yang menyeimbangkan antara pembatasan sosial dan pertumbuhan ekonomi serta terdepan dalam pengadaan vaksin," terang Hasto dalam keterangan tertulisnya.

Presiden Jokowi Dibanding SBY

Menurutnya, Jokowi memiliki kelebihan yang tak ada pada pemimpin lain. Ia mengatakan, kader Jokowi tak pernah segan untuk turun langsung ke bawah, termasuk memberikan arahan langsung dan mengambil keputusan tegas.

Ia mengatakan, sikap tersebut berbanding terbalik dengan kepemimpinan Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang ia sebut lebih banyak melakukan rapat.

"Berbeda dengan pemerintahan 10 tahun sebelumnya, terlalu banyak rapat tidak mengambil keputusan," tegas Hasto.

Hasto melanjutkan, setelah mengadakan rapat bersama kabinet, Jokowi selalu mengambil keputusan yang bisa diterima oleh jajaran pusat dan daerah. Dia mencontohkan, Presiden Jokowi bersama para menterinya, yaitu Menteri Luar Negeri, Menteri BUMN, Menteri Kesehatan, sebagai satu kesatuan bernegosiasi hingga mendapatkan vaksin COVID-19.

Selain itu, dalam kerja sama yang telah dilakukan dengan negara lain, Indonesia selalu mendorong kemampuan produksi vaksin dan percepatan gerak vaksinasi yang dilakukan oleh seluruh elemen dari mulai kementerian, TNI Polri, hingga tercetuslah gerakan vaksin COVID-19 secara door to door yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN).

"Meskipun banyak kritik, tetapi Pak Jokowi tetap menampilkan seorang pemimpin yang tahan uji terhadap kritik dan terus berjuang melakukan tugas-tugasnya sebagai Kepala Negara, Kepala Pemerintahan. Tetap bergerak karena apa pun di tengah pandemi ini Pak Jokowi menerapkan suatu prinsip bagaimana keselamatan rakyat, keselamatan bangsa dan negara merupakan hukum tertinggi yang harus dijawab setiap pemimpin," ungkapnya.

Selain itu, Hasto juga menganggap Jokowi selalu mengikuti instruksi Megawati Soekarnoputri selaku Ketua Umum PDIP. "Selama pandemi, Ibu Megawati memberikan suatu arahan kalau kita bandingkan instruksi-instruksi yang diberikan partai politik di dalam mengatasi pandemi, maka Ibu Megawati lah yang paling detail. Ibu Megawati lah yang paling visioner karena pengalaman beliau yang sangat luas dalam menghadapi berbagai krisis," kata Hasto.

"Di tingkat nasional Pak Jokowi memberikan direction untuk menggerakan seluruh elemen negara, menggerakan seluruh elemen pemerintahan untuk membantu, termasuk kebijakan relokasi anggaran. Sementara Ibu Megawati menggerakan seluruh elemen kepartaian," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Dapat Pengakuan Dunia Terkait Penanganan Pandemi COVID-19, PDIP Banggakan Jokowi dan Bandingkan dengan SBY.

Selain Presiden Jokowi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!