Melihat Anak Bicara Sendiri, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?
Ilustrasi anak bertelepon (Pexels)

Bagikan:

ACEH - Ada beberapa anak yang punya sifat pemalu dan tidak banyak bicara. Di sisi lain, ada pula anak yang suka bicara, bahkan kadang bicara sendiri. Nah, kalau anak Anda termasuk tipe anak bicara senduri, apakah Anda perlu merasa khawatir?

Melansir Womantalk, psikolog anak mengatakan, hal biasa bagi anak berbicara dengan suara keras kepada dirinya sendiri. Hal ini tidak boleh dinilai sebagai perilaku yang aneh atau negatif. Biasanya, self-talk ini memuncak saat anak berusia antara tiga hingga lima tahun, tetapi bisa bertahan lebih lama.

Faktanya, banyak anak usia sekolah yang masih suka bicara dengan diri sendiri, entah itu sambil bermain ataupun seperti sedang bercerita.

Melihat Lebih Dalam Kebiasaan Anak Bicara Sendiri

Ester Cole, seorang psikolog, mengatakan, “Ini adalah permainan peran mereka. Anak mengeksplorasi hubungan dan membimbing diri mereka sendiri ketika mereka melakukan hal-hal tertentu. Mereka mungkin mengatakan hal-hal seperti, ‘Jangan takut pada gelap. Tidak apa-apa, aku akan memelukmu’ atau meniru sesuatu yang pernah dikatakan orang-orang di sekitarnya kepada mereka."

Anak-anak yang suka bicara sendiri akan mendapatkan dampak positif. Kimberly Day, seorang peneliti dan asisten profesor psikologi, melakukan studi terhadap balita dan anak usia prasekolah mengenai kebiasaan mereka bicara pada diri sendiri, yang disebutnya dengan private speech atau ‘pidato pribadi’.

Hasil studinya menunjukkan bahwa anak yang bicara sendiri sambil mengerjakan tugas lebih baik dalam mengendalikan perilaku dan emosi, selama menghadapi tugas yang sulit.

Namun, meski ini adalah hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan, tetapi jika bicara pada diri sendiri tiba-tiba terjadi lebih sering, dipicu oleh peristiwa traumatis, misalnya kematian hewan peliharaan yang dicintai, dan menyebabkan anak terisolasi secara sosial, maka orang tua harus mulai bertindak dengan berkonsultasi kepada dokter atau psikolog keluarga.

Artikel ini telah tayang dengan judul Perlukah Orangtua Khawatir Saat Anak Suka Bicara Sendiri?

Selain fenomena anak bicara sendiri, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!