Hati-Hati! Beberapa Jenis Candaan Ini Bisa Mengganggu Kesehatan Mental Anak
Ilustrasi anak (Monstera/Pexels)

Bagikan:

Aceh - Membuat candaan kepada anak kadang digunakan untuk membangun hubungan bersama si kecil. Namun, tak semua jenis candaan bisa diterima anak. Selain sakit hati, kesehatan mental anak juga bisa terganggu jika jenis candaan tersebut dilakukan. 

Melansir dari HerStory, berikut bercandaan yang sebaiknya dihindari oleh orang tua dan orang-orang di sekitarnya demi kesehatan mental anak.

Candaan yang Sebaiknya Dihindari demi Kesehatan Mental Anak

  1. Menertawakan kesalahan anak

Adakalanya saat si kecil berbuat salah, tingkah mereka terkesan menggemaskan sehingga orang tua tak tahan untuk tertawa. Padahal, menertawakan kesalahan mereka adalah hal yang tidak seharusnya dilakukan. Anak akan merasa kurang percaya diri serta gagal melakukan sesuatu.

  1. Menyebutkan kekurangan fisik

Bercanda dengan menyebutkan kekurangan fisik anak juga dianggap kurang baik. Ini akan membunuh rasa percaya dirinya sendiri. Jangan sesekali memanggilnya dengan si hitam, si gendut, atau si kurus. Ingat, semua orang punya kekurangan tak terkecuali anak Anda. 

  1. Menakuti dan mengancam

Jangan sampai jenis bercandaan ini terbesit di pikiran, ya. Memang melihat anak ketakutan dan panik bisa membangun mood orang tua. Tapi, hal ini punya efek panjang yang membuat si kecil jadi mudah khawatir, takut, dan cemas.

Artikel ini telah tayang dengan judul 5 Jenis Humor yang Dapat Memicu Gangguan Mental Anak.

Selain jenis humor yang mengganggu kesehatan mental anak, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!