Rektor UI Rangkap Jabatan, Jokowi Diminta Pecat Erick Thohir
Politikus Gerindra Arief Puyuono (Foto: Tangkap Layar Youtube @Najwa Shihab)

Bagikan:

ACEH -  Politikus Gerindra Arief Puyuono mengacungi jempol untuk rektor UI, Ari Kuncoro, yang rela mundur dari jabatan sebagai Wakil Komisaris Utama BRI.

Menurutnya, rektor universitas lain yang masih menjabat sebagai komisaris di BUMN, harus meniru apa yang dilakukan Ari Kuncoro.

“Rektor UI yang mundur patut kita kasih jempol karena masih punya malu,” ujar Arief, Jumat, 23 Juli.

Rektor UI Rangkap Jabatan Atas Keputusan Erick Thohir

Kendati demikian, kata Arief, semestinya Presiden Joko Widodo segera memecat Menteri BUMN, Erick Thohir, yang telah membuat kegaduhan ditengah lonjakan COVID-19. Lantaran memunculkan polemik rangkap jabatan Ari Kuncoro sebagai rektor UI dan komisaris di perusahaan BUMN. 

“Erick Thohir harus dicopot karena sakarepe dhewe (semaunya sendiri, red) kerjanya dan bikin gaduh doang. Dia juga nirprestasi selama ngolah BUMN,” kata Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja BUMN Bersatu itu.

Akibat ulah Erick Thohir yang tidak cermat dalam memilih komisaris di BUMN, kata Arief, konsentrasi Presiden Jokowi dalam mengurus PPKM Darurat menjadi bercabang.

Presiden, sambungnya, harus ikut mengurusi masalah yang ditimbulkan dari keputusan Erick Thohir. Jokowi harus merevisi aturan, dimana secara substansi tidak penting bagi keselamatan rakyat yang dirundung pandemi.

Arief merasa aneh dengan aturan yang mudah sekali diubah di kantor presiden. Dia khawatir Presiden Joko Widodo mengulang alasan tidak membaca lagi draf yang ditandatangani.

“Makanya antara omongan Jokowi tentang tidak diperbolehkan pejabat negara rangkap jabatan berbanding terbalik dengan aturan yang membolehkan rangkap jabatan,” kata Arief.

Artikel ini telah tayang dengan judul Buntut Rektor Ari Kuncoro Mundur, Arief Puyuono Minta Jokowi Pecat Erick Thohir karena Sakarepe Dhewe.

Selain berita rektor UI yang rangkap jabatan, Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!