Menjanjikan Keuntungan, Erick Thohir Akui Ada Jual Beli Jabatan di BUMN
Menteri BUMN, Erick Thohir. (Foto: Dok. Kementerian BUMN)

Bagikan:

ACEH – Menteri BUMN, Erick Thohir, mengakui bahwa ada praktik jual beli jabatan BUMN yang dilakukan oleh dewan direksi dan komisaris. Erick mengungkapkan, jabatan direktur utama (dirut) di BUMN dibanderol pada kisaran Rp25 miliar.

Menurut Erick, praktik culas itu terjadi sebelum dia duduk di kursi menteri BUMN. Dia mengatakan, oknum yang ingin menjadi dirut akan memberikan setoran.

Erick enggan menyebut nama perusahaan dan identitas yang bersangkutan. Meski demikian, dia berani memastikan bahwa praktik jual beli jabatan BUMN sudah tidak terjadi lagi.

Pelaku Jual Beli Jabatan BUMN Akan Langsung Ditindak

Selain itu, pengakuan dari Erick ini sekaligus membantah tuduhan atau isu bisnis PCR yang menyeret namanya. Erick mengatakan, jika ingin mencari keuntungan, dia bisa melakukan transaksi jual beli jabatan yang lebih menguntungkan dibandingkan bisnis PCR. Namun, dia menekankan praktik semacam itu harus dilawan.

"Selama ini saya yang paling menekankan hal-hal itu. Kalau saya mau cari uang di BUMN banyak. Banyak, paling gampang apa? Di BUMN mindah-mindahin jabatan, itu setoran paling banyak dulu. Pernah dihargai satu direksi Rp25 miliar, direksi gede, direktur utama," papar Erick, dikutip VOI dari kanal YouTube Akbar Faizal Uncersored, Kamis, 25 November.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan, jika masih ada jual beli jabatan maka pemegang saham langsung memproses secara hukum atau pelakunya langsung dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Erick juga memastikan dirinya tidak terlibat dalam praktik tersebut.

"Kalau mau kan, terus apa konteksnya? Kalau saya terjebak jual beli jabatan, ya enggak mungkin saya menjadikan BUMN (holding). Bisa menangkap yang korupsi, enggak mungkin, saya langsung goyang badannya. 'Ini yang kita tangkap, dia udah nyetor ke kita' gila aja, enggak mungkin," katanya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Erick Thohir Ungkap Hal Mengejutkan: Ada Praktik Jual-Beli Jabatan di BUMN, Dirut Dibanderol Rp25 Miliar.

Selain jual beli jabatan BUMN, ikuti berita info menarik dari dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh!