Info Kesehatan: 6 Manfaat Donor Darah Rutin bagi Kesehatan
Ilustrasi donor darah (unsplash)

Bagikan:

ACEH – Tak sedikit orang yang mengamini bahwa manfaat donor darah bagi kesehatan ada banyak. Tak perlu takut lemas atau lesu, donor darah malah memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa manfaat donor darah yang dilakukan secara rutin terhadap kesehatan berikut.

Manfaat Donor Darah Rutin bagi Pendonor

1.    Mengurangi risiko penyakit jantung

Jika rutin melakukan donor darah, sirkulasi darah akan jadi lebih baik sehingga jantung akan terlatih untuk terus memompa darah. Dengan begitu,  zat besi dalam darah akan meningkat dan bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

2.    Membakar kalori

Mendonorkan darah secara rutin bisa membantu pembakaran kalori dalam tubuh. Jika Anda mendonorkan darah sebanyak 450 ml, akan terbuang 650 kalori dalam tubuh.

3.    Menurunkan risiko kanker

Selain penyakit jantung, donor darah juga mampu menurunkan risiko penyakit kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

4.    Meningkatkan produksi darah

Donor darah juga membantu merangsang produksi sel-sel darah baru sehingga tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien.

5.    Menurunkan kolesterol

Donor darah membuat kolesterol yang ada dalam tubuh secara tidak langsung berkurang bersamaan dengan keluarnya darah.

6.    Memperpanjang umur

Jika rajin melakukan donor darah sejak dini, saat usia lanjut kesehatan akan terjaga, baik dari segi fisik maupun psikologis.

Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Manfaat Mendonorkan Darah Secara Rutin. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!