ACEH – Muhammad Farhan, anggota Komisi I DPR, mengatakan bahwa era digital yang dipenuhi pengguna media sosial seperti saat ini telah membuat adaptasi konsumen Indonesia terhadap bisnis di e-commerce semakin mudah.
"Bisa dikatakan bahwa kita ini adalah masyarakat yang sangat rajin menggunakan platform digital untuk berbelanja, berkonsumsi, dan potensi inilah yang kemudian menjadikan Indonesia sebagai salah satu market dan pelaku dari bisnis online atau e-commerce yang ada di dunia ini," jelas Farhan dalam diskusi gagasan BAKTI Kominfo dengan tema "Tantangan Pemasaran bagi UMKM dalam Persaingan Digital di Masa Pandemi", dikutip Rabu, 9 Juni.
BACA JUGA:
Sikap UMKM Terkait Kemudahan E-commerce
Lalu bagaimana seharusnya pelaku usama mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menyikapi hal tersebut? Menurut Farhan, saat ini UMKM merupakan lembaga atau sebuah sektor yang mampu bergerak dengan biaya yang sangat murah.
"Apalagi sekarang dengan adanya platform digital atau e-commerce, maka biaya untuk menjalankan usahanya, kemudian dibuat rasionya dengan jangkauan dari bisnis itu menjadi sangat-sangat murah," terangnya.
Dengan demikian, lanjutnya, UMKM memiliki peluang untuk menjadi salah satu tulang punggung pertumbuhan ekonomi nasional. Selain itu, UMKM juga menjadi sebuah sektor yang bukan tidak mungkin malah menjadi motor pergerakan dan kebangkitan ekonomi nasional.
Meski begitu, kata Farhan, ada beberapa hal yang bisa menjadi tantangan, di antaranya adalah rendahnya pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan platform digital yang banyak mengandalkan bentuk-bentuk visual baik itu foto ataupun video.
"Tidak mudah membuat video yang menarik hati yang bisa menjadi salah satu daya tarik dari produk UMKM yang ditampilkan di platform-platform digital ini, karena mudahnya orang keluar masuk ke dalam platform digital, maka tingkat kompetisinya pun sangat tinggi," tuturnya.
"dengan tingkat kompetitif yang sangat tinggi ini memang tidak mudah bagi para pelaku UMKM untuk istilahnya sampai berdarah-darah, namun bagaimanapun juga memiliki pelaku sektor UMKM yang sangat tangguh, persaingan adalah satu hal yang terjadi sehari-hari bagi para pelaku UMKM," pungkas dia.
Artikel ini telah tayang di VOI.id dengan judul Media Sosial Bikin Adaptasi Konsumen Terhadap E-commerce Semakin Mudah, Begini Seharusnya Peran UMKM. Waktunya Merevolusi Pemberitaan!