Manfaat Hobi bagi Anak-Anak, Orang Tua Perlu Paham dan Mendukungnya
Ilustrasi manfaat hobi bagi anak-anak (Unsplash/Jose Gonzales)

Bagikan:

ACEH - Orang tua perlu memberikan dukungan kepada anaknya dalam hal positif. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mendukung hobi yang dimiliki oleh anak. Hobi bisa membuat anak menemukan serta mengembangkan minat serta bakat yang dimiliki. Ada beberapa manfaat hobi bagi anak yang tentu perlu diketahui oleh orang tua agar bisa lebih memberikan dukungan. 

David Schwartz, terapis pernikahan dan keluarga di California, menjelaskan bahwa ada tiga alasan orang tua harus mendukung hobi anak-anaknya. Pertama, anak-anak akan menemukan hal-hal milik mereka. Hal tersebut bisa membantu anak-anak fokus pada sesuatu yang positif dan menyita waktu serta energinya.

Pentingnya Hobi bagi Anak-Anak

Dikutip VOI dari Psychology Today, pengembangan minat melalui hobi bisa membantu anak-anak menghindari jebakan narkoba, alkohol, vaping, dan hal negatif yang lain. Anak-anak bisa mencurahkan energi untuk sesuatu yang mereka nikmati melalui hobi.

Alasan kedua, hobi bisa melindungi anak-anak dari kebosanan. Mereka bahkan menjadi lebih jeli terhadap pilihan yang buruk. Ini berkaitan dengan imajinasi dan daya pikir mereka, anak-anak yang menekuni hobi bisa tetap fokus pada kegiatan tersebut dan jauh dari gangguan yang mengarah pada keputusan buruk.

Schwartz mengungkapkan, hobi membuat anak-anak lebih terarah. Dengan demikian, anak-anak jauh dari kerentanan atau sifat buruk yang ditawarkan kepada mereka. Memang bukan jaminan pasti, tetapi orang tua perlu memiliki pengetahuan tentang apa yang dilakukan oleh anak-anaknya. Setelah orang tua memastikan bahwa kegiatan tersebut aman, minat dan gairah anak bisa ditekuni sebagai kegiatan positif dalam hidup mereka.

Anak-Anak Membangun Identitas Diri

Ketiga, anak-anak memiliki keinginan untuk memiliki sesuatu yang hanya milik mereka dan bukan milik orang tua mereka. Artinya, hobi membantu anak-anak membangun identitas mereka sendiri. Pembentukan identitas ini membantu menjelaskan mengapa hampir setiap generasi pencinta musik menemukan genre musik baru yang menarik bagi mereka.

Berkaitan dengan hal di atas, memberi anak kebebasan untuk memilih kegiatan, hiburan, dan musik membantu mereka merangsang pikiran dan memiliki sesuatu untuk membuat mereka bersemangat. Pada intinya, seringkali orang tua tidak memahami keinginan anak mereka untuk menekuni sesuatu. Mungkin dianggap tidak masuk akal, namun karena menekuni hobi, mereka bisa membangun relasi sosial, imajinasi, dan kenangan masa kecil yang berharga.

 
Selain manfaat hobi bagi anak-anak, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.