Mengenal 5 Manfaat Tidur Siang untuk Anak
Ilustrasi manfaat tidur siang untuk otak anak (Unsplash/Annie Spratt)

Bagikan:

ACEH - Pada umumnya, anak kecil tak mau ketika diminta atau disuruh tidur siang oleh orang tua. Anak kecil lebih suka menggunakan waktu tersebut untuk bermain bersama teman-temannya. Namu, perlu diketahui bahwa ada beberapa manfaat tidur siang untuk anak. 

Orang tua perlu mengetahui hal ini untuk kemudian membuat cara yang efektif untuk merayu anak tidur siang. Lebih lengkapnya, dikutip VOI dari Motherly, berikut adalah cara kerja dan manfaat tidur siang bagi anak-anak.

5 Manfaat Tidur Siang untuk Anak

1. Tubuh meremajakan dan tumbuh selama tidur

Pertumbuhan sistem tubuh dan anggota gerak tubuh berkembang selama tidur. Tubuh meremajakan sel dan mendukung pertumbuhan tulang gerak ketika seseorang tidur. Tidur siang juga penting untuk perkembangan otak yang sehat. Kurang tidur secara keseluruhan (dalam 24 jam) bisa mengancam kemampuan untuk belajar dengan membahayakan proses pembentukan memori.

2. Tidur siang mendukung pembelajaran pada anak

Sebuah studi menemukan, tidur siang bagi anak-anak prasekolah mendukung pembelajaran dengan meningkatkan ingatan yang diperoleh pada hari sebelumnya dibandingkan dengan waktu yang sama dihabiskan untuk bangun.

3. Kemampuan visual-spasial lebih baik

Anak-anak yang tidur siang, secara signifikan kemampuan visual-spasial menjadi lebih baik di sore hari setelah tidur siang. Tidur siang secara teratur akan memberikan efek bermanfaat bagi anak-anak tanpa memandang usia mereka.

4. Manfaat tidur siang tidak dapat digantikan

Jika beranggapan tidur siang dapat digantikan dengan tidur malam lebih awal sehingga waktunya lebih panjang, ternyata keliru. Sebuah studi menunjukkan bahwa tampaknya ada manfaat tambahan dari tidur yang terjadi di sesela proses pembelajaran. Artinya, tidur malam sudah bermanfaat jika ditambah tidur siang maka manfaat lebih akan didapatkan.

5. Tidur siang bermanfaat untuk konsolidasi memori

Konsolidasi atau perubahan fisik pada otak yang menyimpan memori setelah sesuatu dipelajari, menurut penelitian merupakan salah satu fungsi utama tidur siang pada anak usia prasekolah. Saat tidur, yang terjadi pada siang hari di proses dengan menciptakan koneksi saraf baru. Ingatan dipadatkan dan terhubung dengan ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.

Proses itu disebut konsolidasi memori yang melibatkan perubahan struktural dan kimiawi pada sel jaringan otak. Ingatan-ingatan yang tersimpan bermanfaat untuk pengembangan kognitif, seperti kemampuan bernalar, memecahkan masalah, merencanakan, memahami, dan belajar dari pengalaman, semuanya terangkum membentuk IQ.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxford Academia, peneliti menemukan bahwa tidak memberi kesempatan untuk tidur siang berefek langsung pada kinerja akademik. Efek tersebut dialami anak-anak tanpa riwayat masalah perilaku atau kesulitan akademik.

Artikel ini telah tayang dengan judul Mendukung Pembelajaran, Ketahui 5 Manfaat Tidur Siang untuk Anak.

Selain manfaat tidur siang untuk anak, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Aceh.