Pengaruh Selera Humor terhadap Keharmonisan Hubungan Asmara
Ilustrasi (Christian Bowen/Unsplash)

Bagikan:

ACEH - Hubungan asmara Anda dengan pansangan bisa jadi lebih mesra dengan adanya humor kecil, bahkan yang garing sekalipun. Ada pengaruh dari selera humor terhadap keharmonisan hubungan.

Jeffrey Hall, dosen University of Kansas, menjelaskan bahwa humor yang bersama-sama diciptakan berkaitan erat dengan kepuasan dalam menjalani sebuah hubungan. Humor juga dipercaya bisa menjadi salah satu jurus untuk menjaga kemesraan pasangan dalam hubungan.

Pengaruh Selera Humor terhadap Hubungan Asmara

Dikutip VOI dari The Conversation, sudah ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa sense of humor membuat seseorang menjadi lebih menarik di mata pasangan. Dalam sebuah studi yang diikuti oleh 3.000 pasang suami-istri, setiap orang merasa lebih bahagia karena memiliki pasangan yang humoris.

Meski demikian, para istri merasa bahwa suami mereka lebih sering menunjukkan sisi humorisnya dibandingkan mereka. Yang jelas, mereka mengakui bahwa humor benar-benar membawa dampak positif terhadap pernikahan mereka.

Punya sense of humor bukan berarti sekadar tertawa bersama saat nonton film komedi, melainkan juga bisa membuat pasangan tertawa. Anda mungkin berpikir, tapi tidak semua orang dilahirkan lucu.

Anda tak perlu terlalu khawatir karena terlalu berusaha membuat pasangan tertawa. Humor bisa Anda temukan dalam kejadian sehari-hari yang tidak Anda sangka. Sebagai contoh, saat sedang jalan pagi, mendadak sol sepatu olahraga Anda lepas. Bikin jengkel pasti, tapi di sisi lain pasti juga menggelitik pasangan. Antara mau tertawa atau kasihan.

Nah, Anda yang menentukan ingin mengomel atau tertawa. Kalau Anda memutuskan untuk tertawa, atau secara spontan ngakak artinya Anda punya rasa humor yang bagus. Pasangan juga tak akan merasa bersalah, jika ikut tertawa.

Selain meredakan stres, humor juga akan semakin mendekatkan hubungan. Ketika Anda sedang kesal-kesalnya pada pasangan, tiba-tiba dia melontarkan komentar spontan yang membuat Anda terpaksa tertawa. Pasti Anda tidak bisa kesal lagi padanya, kan? Jika tadinya lebih pilih diam, Anda bisa jadi berubah pikiran, kemudian memilih untuk lebih aktif berkomunikasi.

Cara Menghidupkan Humor dalam Hubungan

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan hubungan dengan lebih banyak tawa. Contohnya, menertawakan joke yang dilempar oleh orang lain, menceritakan ulang joke yang baru Anda dengar, nonton comedy show, membalas pesan singkatnya dengan stiker yang kocak, atau flirting dengan ekspresi lucu.

Namun, Jeffrey juga mengingatkan tentang humor yang bersifat negatif, yaitu lelucon yang melecehkan, sinis, dan kasar. Hal ini justru bisa menghancurkan hubungan Anda berdua. Ada perbedaan antara lelucon yang menggoda dan yang melecehkan. Meski sulit untuk dijelaskan, Andalah yang akan mampu merasakan perbedaanya.

“Dalam sebuah hubungan, lelucon negatif bisa sangat toxic. Jadi, pastikan lelucon yang Anda lemparkan tidak merusak diri Anda dan hubungan Anda,” pesannya.

Artikel ini telah tayang dengan judul Punya Selera Humor yang Baik Jadi Salah Satu Kunci Keharmonisan Keluarga.

Selain pengaruh selera humor terhadap keharmonisan hubungan asmara, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.