Cara Mencegah Peradangan Gusi, Kenali Juga Jenis dan Penyebabnya
Ilustrasi peradangan gusi atau gingivitis (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Peradangan gusi disebut juga gingivitis (secara medis). Biasanya ini memiliki gejala ringan, tetapi bisa menjadi berat kalau tak segera diatasi. Bagaimana cara mencegah peradangan gusi?

Gingivitis atau peradangan gusi disebabkan oleh penumpukan bakteri di sekitar gusi. Hal ini diikuti dengan gejala gusi merah, bengkak, dan bisa saja berdarah saat menyikat gigi. Dikutip VOI dari Medical News Today, peradangan gusi bisa sembuh dengan sendirinya jika kebersihan mulut dijaga. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menyikat gigi secara rutin dan lebih lama, flossing teratur, dan menggunakan obat kumur antiseptik.

Jenis dan Penyebab Peradangan Gusi

Ada dua jenis gingivitis, yaitu yang dipicu oleh penumpukan plak gigi sehingga bisa mengiritasi, mengakibatkan peradangan, perubahan warna, dan terasa nyeri. Pemicu yang lain adalah infeksi bakteri, virus, dan jamur. Peradangan, diketahui sebagai respons tubuh terhadap reaksi alergi, penyakit, dan reaksi terhadap benda asing. Bisa juga akibat menggunakan gigi palsu.

Gingivitis bisa memicu gejala yang lebih parah, disebut periodontitis. Periodontitis bisa menyebabkan komplikasi, bahkan kehilangan gigi.

Secara terperinci, saat plak terakumulasi menumpuk bakteri di sekitar gigi. Plak gigi adalah biofilm yang secara alami bisa menumpuk. Ini terjadi saat bakteri menempel pada permukaan halus gigi. Kemudian, plak tersebut akan mengeras menjadi karang gigi. Warnanya putih kekuningan dan hanya dapat dibersihkan oleh profesional gigi.

Ketika penumpukan plak dan karang gigi memicu respons imun, berpotensi merusak jaringan gusi. Akhirnya pasien bisa mengalami komplikasi lebih lanjut, termasuk gigi patah.

Selain yang disebutkan di atas, perubahan hormon selama pubertas, menopause, siklus menstruasi, dan kehamilan. Bisa juga dipicu penyakit tertentu, seperti kanker, diabetes, HIV, dan konsumsi obat-obatan yang memengaruhi produksi air liur. Bahkan, perokok dan orang dengan usia tertentu juga bisa memicu gingivitis. Ada pula yang mengalaminya karena riwayat keluarga.

Cara Mencegah Peradangan Gusi 

Dilansir Mayo Clinic, cara mencegah gingivitis bisa dengan tiga hal. Pertama, menjaga kebersihan mulut, setidaknya sikat gigi dua kali sehari pada pagi dan sebelum tidur. Flossing bisa dilakukan dua kali sehari. Saran ahli gigi, flossing bisa dilakukan sebelum Anda menyikat gigi supaya partikel makanan dan bakteri lebih mudah terlepas.

Kedua, periksa gigi secara teratur setidaknya 6-12 bulan sekali. Ketiga, jalani pola hidup yang sehat, seperti mengelola gula darah bagi penderita diabetes dan makan makanan sehat.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Mencegah Gingivitis, Peradangan Gusi yang Disebabkan Penumpukan Plak.

Selain mencegah peradangan gusi, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.