Cara Meminta Maaf pada Pasangan dengan Benar setelah Bertengkar
Cara Meminta Maaf pada Pasangan (iStockphoto)

Bagikan:

ACEH - Minta maaf setelah membuat kesalahan adalah hal yang sudah dipelajari oleh manusia sejak masih kecil, tetapi tak sedikit orang masih susah untuk melakukannya. Salah satu penyebab orang susah mengakui kesalahan dan minta maaf adalah rasa malu atau gengsi. Kesulitan ini juga bisa dialami oleh sepasang kekasih. Jika Anda juga mengalaminya, cara meminta maaf pada pasangan tampaknya dibutuhkan.

Meminta maaf bukan sekadar mengucapkan kata "maaf" di mulut, tetapi juga meresapinya dengan hati, dengan kata lain secara tulus. Permintaan maaf secara tulus dan tepat bisa membantu Anda memperbaiki kesalahan dan membuat hubungan Anda dengan pasangan kembali harmonis. Jika hal kecil ini masih sulit Anda lakukan, lakukan beberapa tips dari VOI yang mengutip Our Everyday Life berikut ini.

Cara Meminta Maaf pada Pasangan dengan Benar 

Pernyataan penyesalan

Buatlah pernyataan penyesalan secara khusus yang menyatakan bahwa Anda benar-benar menyesal telah mengacaukan sesuatu atau berbuat kesalahan. Penting bagi Anda untuk memberikan alasan penyesalan--bukan alasan untuk mengindari kesalahan ya--sehingga pasangan tahu bahwa Anda memang menyesal dan mengakui kesalahan tersebut. Gagal menjelaskan penyesalan bisa membuat permintaan maaf terkesan tidak tulus.

Minta pasangan memaafkan

Setelah menyampaikan penyesalan, Anda bisa meminta pasangan untuk memaafkan Anda. Ini adalah cara untuk mengakui bahwa Anda telah melakukan kesalahan padanya. Dan bahwa Anda menghargai cinta dan kasih sayangnya serta ingin mengembalikan hubungan ke awal.

Coba pahami apa yang dirasakan pasangan

Cobalah memahami bagaimana tindakan Anda membuat pasangan merasa kecewa. Mungkin sulit untuk membayangkan perasaan orang lain, tetapi dengan berempati Anda dapat menawarkan permintaan maaf yang lebih tulus dan sepenuh hati. Permintaan maaf yang paling berhasil, disesuaikan dengan penerima dan mempertimbangkan perasaan dan kepribadian penerima.

Tebus kesalahan

Tawarkan menebus kesalahan dengan melakukan sesuatu untuk memperbaiki situasi. Meskipun tindakan sebelumnya tak dapat ditarik, tapi Anda dapat memperbaiki konsekuensi dari tindakan Anda. Permintaan maaf terbaik termasuk bentuk rekonsiliasi yang secara khusus terkait dengan kesalahan yang Anda lakukan. Misalnya, jika Anda merusakkan barang pasangan, tawarkan untuk memperbaiki barang tersebut.

Artikel ini telah tayang dengan judul Cara Meminta Maaf pada Pasangan Setelah Bertengkar.

Selain cara meminta maaf pada pasangan, ikuti berita Aceh terkini. Klik link tersebut untuk berita paling update wilayah Aceh.